oleh

Hadir Di HPN 2019, Ini Harapan Kepala Pusat Informasi Perkoperasian Gorontalo

LINTAS EKONOMI (LIGO) – Kepala Badan Pusat Informasi Perkoperasian (BP-PIP) Dewan Koperasi Indonesia Wilayah Provinsi Gorontalo (Dekopinwil) Alan Pakaya mengikuti peringatan Hari Pers Nasional di Surabaya, Jawa Timur. Alan yang juga Anggota PWI Gorontalo ini berangkat bersama beberapa Pimpinan Media yang tergabung dalam Serikat Media Siber Indonesia (SMSI).

Kepada media Jaringan SMSI, Alan mengungkapkan HPN 2019 berbeda dengan pelaksanaan Hari Pers tahun-tahun sebelumnya. Ini dikarenakan Tema yang diusung yakni “Pers Menguatkan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital” sesuai dengan tuntutan era.

“HPN kali ini luar biasa pelaksanaannya, ini karena tema dipilih juga bagus. Sudah sesuai dengan trend sekarang yaitu Digitalisasi. Semua sudah serba cepat, jadi untuk menguatkan perekonomian Masyarakat tidak lagi dengan cara lama bahkan terkesan lambat,” ungkap Alan.

Melalui Hari Pers Nasional, Alan selaku Kepala Badan BP-PIP turut mengungkapkan harapan besarnya terhadap Gerakan Koperasi khususnya di Gorontalo. Dirinya menginginkan Sistem Digitalisasi atau Online dapat diaplikasikan oleh seluruh Koperasi.

“Tema HPN ini Saya ingin juga Koperasi bisa ambil langkah untuk mengikuti Trend Digitalisasi saat ini. Semua sudah berbasis Online, kok Koperasi masih banyak yang pakai Sistem Manual. Memamg sudah ada beberapa yang sudah dengan Sistem Online, seperti KPRI Ekaprasetya yang ada di Kabupaten Gorontalo. Mau Saya tidak hanya satu atau dua, tapi semua sudah dengan Sistem Online, biar gampang ngurusya,” terang Alan.

Dikatakan Alan, Koperasi adalah Soko Guru Perekonomian Indonesia yang mampu melewati masa krisis moneter. Sehingganya juga mampu menyesuaikan dengan zaman Digitalisasi sekarang.

“Koperasi ini kan Soko Guru Ekonomi. Mampu bertahan dari krisis moneter. Maka mulailah untuk berubah menjadi lebih modern,” jelasnya.

Selain itu, Alan berharap melalui momen HPN 2019, Media-Media dapat menginformasikan atau mempublikasi citra Koperasi secara baik. Selama ini Alan menilai masih banyak kegiatan Koperasi yang notabene mensejahterakan ekonomi Masyarakat luput dari pemberitaan Media.

“Koperasi ini banyak kegiatan yang harus di ekspose supaya Masyarakat juga tahu Koperasi ini punya kegiatan. Kan peran Koperasi jelas yakni mensejahterakan Masyarakat. Sering Saya liat berita Koperasi selalu Negatif, padahal kan tidak semua seperti itu. Saya harap lewat Hari Pers Nasional 2019 Media bisa mencitrakan kembali kejayaan Koperasi,” tutup Alan.

Laporan: Jaringan Berita SMSI
Editor: Najid Lasale

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini