oleh

Humas Kabgor Penuhi Tuntutan Penguasaan Praktek Jurnalistik

LINTAS LIMBOTO (LIGO) Bidang Hubungan Masyarakat dan Protokoler Setda Kabupaten Gorontalo memiliki peran penting dalam menyampaikan keberhasilan Pemerintah Daerah sekaligus memiliki peran untuk menyerap aspirasi, kritikan serta keluhan yang di tujukan kepada Pemerintah Kabupaten Gorontalo.

Disamping itu, Pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui Bidang Humas dan Protokoler harus mampu menjawab dan memberi informasi dalam konteks Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

Terkait hal ini Kabag Humas, Iswan Isa menyampaikan bahwa Bidang Humas akan selalu siap memberikan informasi kepada Publik dan menyerap informasi yang sifatnya keluhan untuk disampaikan kepada SKPD yang bertanggung jawab.

“Keterbukaan Informasi Publik saat ini mewajibkan Anggota Humas dan Protokoler harus siap menyampaikan segala sesuatu informasi yang dibutuhkan oleh Publik, dan Kami sebagai Humas akan selalu siap bila ada masyarakat yang menginginkan informasi kaitannya dengan Program Pemerintah Kabupaten Gorontalo atau informasi lain yang masih menjadi kewenangan Pemerintah Daerah,” ucap Iswan, Selasa (30/07).

Dalam rangka menyajikan Keterbukaan Informasi Publik kata Iswan, Pemerintah Daerah berusaha menjalin hubungan baik dengan masyarakat dan para Insan Media yang memang memiliki otoritas untuk menyampaikan segala sesuatu yang berhubungan dengan Publik.

“Selain itu, Anggota Humas juga di dorong untuk bisa memahami kegiatan-kegiatan Jurnalistik, seperti bagaimana Humas menulis Press Release kepada Media, dan bagaimana Humas bisa memiliki keahlian mengambil gambar Foto maupun Video dan sebagainya, dalam rangka menjawab Keterbukan Informasi itu sendiri,” kata Iswan.

Seiring dengan hal itu, Humas Kabupaten Gorontalo mengirimkan salah satu Anggota Humas, Irfan Mohammad mengikuti Pelatihan Jurnalistik yang dilaksanakan Media Cetak, Koran Sindo dan Sindonews.com dan berlangsung selama 2 hari, 29-30 Juli 2019 di Jakarta.

Irfan mengatakan, sebagai Anggota Humas dirinya dituntut untuk menguasi Praktek Jurnalistik dalam rangka efektifnya penyampaian infromasi kepada Publik.

“Pada intinya Kami Humas dilatih bagaimana agar informasi yang berkaitan dengan Pemerintahan, tersampaikan kepada Publik. Dan Kami tentu juga wajib agar selalu menjaga hubungan baik bersama Wartawan, dan Pekerja Media,” terang Irfan Mohammad. (B01)

Editor: Syahrir

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini