oleh

Ini Alasan DPRD Ternate Kunjungi Pemda Boalemo

LINTAS BOALEMO (LIGO) – Masalah sampah menjadi suatu permasalahan yang serius di Kota-Kota Besar, maupun di Kota-Kota Kecil. Namun di Kabupaten Boalemo, masalah Sampah bukan menjadi masalah yang serius, justru sebaliknya Sampah dapat menambah pundi-pundi rupiah bagi masyarakat di Bumi Damai Bertasbih itu.

Kesuksesan Pemerintah dalam mengelola sampah, pastinya tidak lepas dari peran sosok pengusaha yang bukan berasal dari Keluarga Ningrat, bukan Keturunan Raja, bukan Anak Bangsawan, dan juga bukan lahir dari Keluarga Elit maupun Politisi. Namun sosok itu lahir dari seorang Petani, dan hari ini menduduki kursi orang Nomor Satu di Lembaga Eksekutif Kabupaten Boalemo.

Dengan suksesnya Pemerintah Daerah melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dalam mengelola program Bank Sampah, akhirnya dilirik oleh anggota DPRD Kota Ternate, Komisi III, H. Suaip M. Pd., yang membidangi Lingkungan Hidup dengan melakukan Studi Banding di Bumi Damai Bertasbih itu.

Ditemui usai Pertemuannya dengan Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Suaip mengatakan masalah lingkungan sebenarnya masalah yang fatal jika tidak ada langkah-langkah yang progresif dilakukan Pemerintah Daerah.

“Karena suatu Daerah atau Kota, jika lingkungannya bersih, maka masyarakat bisa merasa nyaman apalagi di Kota-Kota seperti ini masalah penataan lingkungan sangat perlu di prioritaskan agar Program-Program Pemerintah Daerah mengenai kesehatan bisa selaras dengan faktor kebersihan lingkungan,” kata Suaip.

Di Kabupaten Boalemo kata Suaip memiliki program Bank Sampah yang sangat produktif, tentunya untuk memulai itu tidaklah mudah tapi dengan semangat dan kerja keras Program Bank Sampah bisa berjalan dengan sukses.

“Ini merupakan hal yang luar biasa, tadi ada Ibu (Petugas Kebersihan) saya tanya berapa Upah Kerja mereka selama 1 Bulan, ternyata sebulan itu bagian Sapu, 1 Juta 500 Ribu Rupiah dan Sopir serta bagian angkat rumput 2 Juta Rupiah, Saya merasa kaget kerena Upah mereka cukup besar di bandingkan Daerah lain yang hanya mencapai 850.000 Rupiah,” tutur Suaip.(C01)

Editor: Arlan

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini