oleh

Ini Respon Bupati Nelson Atas Keluhan Warga Desa Biluhu

LINTAS KABGOR (LIGO) – Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo menerima keluhan dan aspirasi dari Masyarakat Kecamatan Biluhu. Pertemuan Bupati Gorontalo dengan Masyarakat Biluhu tesebut berlangsung di Ruang Madani Lantai II Kantor Bupati Gorontalo, Senin (07/01/19).

Ditemui usai Pertemuan, Bupati Nelson menyampaikan ada beberapa poin Aspirasi yang disampaikan Masyarakat Biluhu Tengah Kecamatan Biluhu.

“Jadi, ada tiga hal kalau Saya lihat, pertama Penggunaan Dana Desa di Desa Biluhu Tengah dan oleh karena itu, Kami segera menurunkan Inspektorat. Kedua, Masalah Pemenuhan Air Minum dan ini akan segera ditindak lanjuti dan Saya langsung mengundang Dinas PU untuk turun. Dan yang ketiga, aspirasi dari masyarakat tentang Infrastruktur Jalan Ambara dan Biluhu yang saat ini sudah menjadi kewenangan Provinsi Gorontalo” ungkap Nelson.

Dua hal yang menjadi Kesimpulan dalam Pertemuan itu yang akan dilakukan oleh Pemerintah Daerah, yakni akan melakukan Penimbunan Sementara dan kedua terus mendorong Pemerintah Provinsi untuk melakukan Perbaikan Jalan yang dikeluhkan.

“Dan Saya mendapat informasi kemungkinan Jalan ini sudah ada di Anggaran Provinsi Gorontalo Tahun 2019,” kata Nelson.

Pada Pertemuan itu, Masyarakat Biluhu Tengah sampaikan soal transparansi Anggaran Dana Desa yang dikelola oleh Pemerintah Desa. Menanggapi itu mantan Rektor UMG dan UNG ini menegaskan, selama ini Pemerintah Kabupaten Gorontalo terus melakukan Pembimbingan dan berbagai Pengawalan melalui Bimtek dan Diklat bagi Kepala Desa untuk tidak menyelewengkan Dana Desa. Kemudian Penyusunan dan Perencanaan Dana Desa terus menerus dikawal dan dilakukan Pengawasan.

“Jika ada terjadi Penyelewengan, Kita tingkatkan ke Ranah Hukum dan ini sudah pernah dilakukan pada salah satu Kades yang berurusan dengan hukum bahkan ada salah satu Kades diberhentikan. Jadi kita tidak main-main dengan persoalan Penyelewengan Anggaran Desa, kalau terus di bina tidak berubah, nah jalan satu-satunya diberhentikan,” tegas Nelson.

Oleh karena itu, Nelson menegaskan jika terjadi hal tidak diinginkan langkah Pertama yang dilakukan Pemda adalah Membina, Kedua Perbaiki Pengelolaan Dana Desa. Namun bila hal itu tidak dapat dilakukan Nelson menegaskan akan membawa persoalan tersebut ke ranah Hukum.

Laporan: Najid Lasale
Editor: Syahrir

Komentar

Berikan Komentar Anda