oleh

Insentif Untuk Pemdes Di Boalemo Belum Cair

LINTAS BOALEMO (LIGO) – Insentif bagi Aparat Desa, BPD, LPM, Dasawisma, dan Imam Desa dan Pemangku Adat di Kabupaten Boalemo belum tersalurkan. Hal ini bukan tampa alasan, Bupati Darwis Moridu melalui Juru Bicaranya Jeffry Rumampuk, mengatakan bahwa keterlambatan tersebut akibat belum adanya usulan tagihan dari pihak Pemerintah Desa di Kabupaten Boalemo.

Keterlambatan ini juga kata Jeffry berkaitan dengan Perubahan Regulasi tentang Pengelolaan Dana Desa dari Kementerian, sehingga di tingkat Kabupaten harus menyiapkan Regulasi dengan membuat Peraturan Bupati.

“Pembayaran Insentif itu menunggu usulan dari Pemerintah Desa, nah kenapa terlambat itu karena APBDes nya baru disahkan dan setelah ditetapkan saat ini sudah berapa Kecamatan yang sudah mengusulkan tagihan Insentif itu,”kata Jeffry, Ahad (12/05).

Disamping itu, kata Jeffry hal ini juga berkaitan dengan Perubahan Regulasi dari Kementerian tentang Pengelolaan Dana Desa sehingga di tingkat Kabupaten harus menyiapkan Perbup Nomor 1 tentang Prioritas Alokasi Dana Desa berdasarkan Perubahan Regulasi tersebut. Namun sejatinya semua tinggal menunggu usulan dari Pemdes.

Diketahui saat ini sudah sekitar 75% Pemdes yang mengajukan tagihan dan sudah diasistensi oleh Pemda Boalemo. Dan minggu depan diperkirakan sudah sekitar 25% akan cair sehingga bisa segera membayarkan Insentif tersebut.

“Saat ini Pemdes yang mengajukan tagihannya itu sudah sekitar 75% dan sudah diasistensi oleh Pemda Boalemo. Dan sekitar 25% yang akan cair minggu ini. Jadi semua sekarang tinggal tergantung Pemdes, ketika mengajukan pasti akan segera cair. Karena hal seperti ini selalu diperhatikan oleh Pak Bupati makanya ketika seluruh regulasinya sudah selesai itu dengan secepat mungkin akan diselesaikan apalagi di Bulan Ramadhan seperti ini. Pak Bupati sangat memperhatikan hal yang demikian,”tutup Jeffry.

Laporan : Mukrin S. Laete
Editor : Arlan

Komentar

Berikan Komentar Anda