oleh

Jemaah Calon Haji Indonesia Besok Mulai Diberangkatkan, Ini Jadwal JCH Asal Gorontalo

LINTAS HAJI (LIGO) – Peserta Haji asal Indonesia yang mengikuti musim Haji 1440 H bertepatan 2019 Masehi, mulai besok (06/07) akan diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah. Tercatat sejak hari ini (05/07) Jemaah Calon Haji yang akan diberangkatkan besok, mulai masuk Asrama.

Melalui Press Release yang diterima lintasgorontalo.com, dari Kementerian Agama, Direktur  Pelayanan Haji Dalam Negeri Muhajirin Yanis mengatakan Jemaah Calon Haji yang terdaftar sebanyak 1.800 Jemaah akan diterbangkan pada tanggal 6 Juli 2019, yang terbagi dalam Empat Kloter.

“Ada Empat Kloter yang akan diberangkatkan. Dua Kloter berasal dari Embarkasi Surabaya (SUB) dan Dua Kloter berasal dari Embarkasi Batam (BTH),” ujar Muhajirin Rabu lalu dan menyebut seluruh Calon Haji tersebut akan diterbangkan dengan menggunakan Maskapai Saudi Arabia Airline, dengan masing-masing Kloter mengangkut 450 orang.

Sementara Calon Jamaah Haji Asal Surabaya tercatat sebagai Kloter Pertama yang akan diterbangkan. Mereka akan dilepaskan langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

“Embarkasi Surabaya akan jadi yang pertama memberangkatkan Jemaah. Direncanakan Jemaah Kloter SUB-01 akan diterbangkan pada pukul 03.00 Pagi,” kata Muhajirin.

Muhajirin Yanis menyampaikan, pada Musim Haji Tahun 2019 Indonesia akan memberangkatkan 529  Kloter yang akan dibagi dalam Dua Gelombang Penerbangan.

Gelombang I akan diterbangkan pada 6-19 Juli 2019, dan Gelombang II akan diberangkatkan pada 20 Juli-5 Agustus 2019,” tambahnya sembari menjelaskan untuk Calon Jamaah Haji Gelombang Pertama direncanakan mendarat di Madinah, dan Gelombang Kedua mendarat di Jeddah.

Sementara untuk Jemaah Calon Haji (JCH) asal Provinsi Gorontalo yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 27, 29 dan 34 UPG. JCH Provinsi Gorontalo dijadwalkan akan bergabung dengan Embarkasi Makassar (UPG) dan diterbangkan melalui Bandara Sultan Hasanuddin mulai tanggal 26 Juli 2019 sampai dengan 31 Juli 2019.

“Jemaah akan diberangkatkan pada tanggal tersebut. Sebelumnya memasuki Asrama Haji Embarkasi Antara Gorontalo pada Kamis (25/7/19) untuk Kloter 27. Disusul Kloter 29 pada Sabtu (27/7/19) dan diakhiri Kloter 34 pada Selasa (30/7/19),” ungkap Kabid PHU Mahmud Bobihu, Kamis (04/7/19).

Kloter 27 berjumlah 450 Orang, berasal dari JCH asal Kota Gorontalo. Kloter 29 sejumlah 450 dari Kab. Gorontalo dan Kab. Pohuwato. Dan Kloter 34 akan diisi Jemaah asal Kota Gorontalo, Kab. Bone Bolango, Kab. Boalemo, Kab. Gorontalo Utara sebanyak 281 Orang. Kloter 34 ini nantinya akan bergabung dengan sebagian Jemaah asal Sulawesi Selatan,” tambahnya. 

Jadwal Haji Gorontalo

Kabid PHU mengaku akan segera menggelar Rapat Koordinasi dengan para instansi terkait, serta mempersiapkan segala keperluan Asrama Haji dalam melayani persiapan pemberangkatan mendatang.

“Karena Gorontalo merupakan Embarkasi Haji Antara, maka seluruh persiapan pemberangkatan baik administrasi dan teknis sudah dipersiapkan dan diselesaikan sejak masih di Gorontalo. Nantinya, Jemaah akan bertolak menuju Makassar melalui Bandara Djalaluddin Gorontalo untuk keperluan transit (ganti pesawat) menuju Jeddah, Arab Saudi,” tutur Mahmud.

Sama seperti tahun sebelumnya Jamaah Haji Indonesia akan diberangkatkan oleh Dua Maskapai Penerbangan, yaitu Saudi Arabia Airline dan Garuda Indonesia.

“Untuk Saudi Arabia Airline akan mengangkut sebanyak 105.573  jemaah yang berasal dari Embarkasi Batam (BTH), Palembang (PLM), Jakarta Bekasi (JKS), sebagian Jakarta Pondok Gede (JKG), dan  Surabaya (SUB),” paparnya.

Sementara, PT. Garuda Indonesia akan mengangkut sebanyak 111.072 Jamaah Haji yang berasal dari Embarkasi Aceh (BTJ), Medan (MES), Padang (PDG), sebagian Jakarta Pondok Gede (JKG), Solo (SOC), Banjarmasin (BDJ), Balikpapan (BPN), Makassar (UPG) dan Lombok (LOP).

Laporan: PR Depag Gtlo/Ompi
Editor: Syahrir

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini