oleh

Kabar Baik,,!! Kabgor Dapat 1500 Rumah Nyaman dan Pantas Dari Kementerian PUPR

LINTAS LIMBOTO (LIGO) – Kabar Baik, Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR akan memberikan Bantuan 1500 Hunian Nyaman dan Pantas kepada Komunitas Masyarakat Kabupaten Gorontalo, hal ini tidak lepas dari peran pemerintah Kabupaten Gorontalo yang terus berupaya me-lobi bantuan kepada Pemerintah Pusat.

Menariknya Direktur Rumah Umum Komunitas (RUK),  Kementerian PUPR,  Ir Mohamad Yusuf Hari Agung Kamis pagi (11/07) turun langsung meninjau lokasi Pembangunan Rumah Bantuan di Kecamatan Tibawa.  Usai meninjau lokasi, Direktur PUK lakukan Rapat Kerja bersama Pemerintah Kabupaten Gorontalo, di ruang Madani Kantor Bupati.

Rapat Kerja tersebut dihadiri sekda Ir. Hadijah U Tayeb, Kepala Dinas Perkim Donie Lahati serta Perwakilan Komunitas Abang Bentor, Buruh Tani, Penjual Buah, Komunitas Honorer, dan Komunitas Porter.

Mohamad Yusuf Hari Agung mengatakan alasan Pemerintah Pusat memilih Kabupaten Gorontalo sebagai Pusat Percontohan Pembangunan Perumahan Berbasis Komunitas adalah karena pemerintah menilai Bupati Nelson sebagai Kepala Daerah mampu melihat peluang yang ada di Kementerian PUPR.

“Selain itu, Pemerintah Kabupaten Gorontalo khususnya Pak Bupati memiliki Komitmen kuat yang secara Responsif menangkap Program Pemerintah Perumahan Berbasis Komunitas dengan Intens,” kata Mohamad Yusuf.

Khusus Program ini lanjut Mohamad Yusuf telah disosialisasikan kepada seluruh daerah, dan Kabupaten Gorontalo adalah salah satu daerah yang berkomitmen kuat mendorong masyarakat untuk memiliki Hunian Nyaman dan Pantas bagi masyarakat yang berpenghasilan tidak tetap.

“Secara nasional, Program ini baru dimulai, dan khusus di Gorontalo Kita alokasikan penuh. Karena Antusias dan Komitmen yang kuat dengan usulan 1500 Rumah maka Kita alokasikan secara keseluruhan,” tambahnya.

Dirinya juga mengatakan sesuai arahan Dirjen Kementerian PUPR, Kabupaten Gorontalo menjadi daerah Pilot Project 2019 untuk Pembangunan Perumahan Dengan Berbasis Komunitas.  Sehingga Mohamad Yusuf berharap kepada Pemerintah Daerah agar menyiapkan lokasi pembangunan secara cepat agar pembangunan dapat dilakukan Agustus atau September mendatang.

“Dan Kita akan usulkan agar Peletakan Batu Pertama dilakukan oleh Presiden Joko Widodo,” imbuhnya.

Kementerian PUPR lakukan Rapat Kerja bersama Pemda Kabgor soal Pembangunan Hunian Nyaman dan Pantas.

Sementara soal Desain Pembangunan, Mohamad Yusuf menjelaskan ada 3 Hal penting perlu diperhatikan.

Pertama harus diperhatikan kekuatan Fisik dan Ketahanan Bangunan, yang Kedua kecukupan luas paling tidak per kapita per orang 9 Meter Persegi, sehingga kalau di huni 4 Orang kurang lebih 36 Meter Persegi, yang Ketiga tersedianya Sanitasi yang baik, Kakus atau Toilet dan yang terkahir ketersediaan air,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama Sekda Ir. Hadijah U Tayeb kepada Kementerian PUPR kedepan dapat menambah jumlah Bantuan Rumah Hunia Nyaman dan Pantas kepada masyarakat Kabupaten Gorontalo. (C01)

Editor: Syahrir

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini