oleh

Kabupaten Gorontalo Dijadikan “Ikon” Provinsi

LINTAS KABGOR (LIGO) – Provinsi Gorontalo merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki Falsafah “Adat Bersendi Sara, Sara Bersendi Kitabbullah (Al’quran)”. Namun sebagai Daerah yang memegang teguh Adat, Budaya dan Agama, hampir tidak ada ikon di Provinsi Gorontalo yang menggambarkan Falsafah itu.

Hal inilah yang mendorong Nelson, sebagai Tokoh Pejuang Provinsi Gorontalo yang kini menjabat Bupati Gorontalo, untuk menjadikan Kabupaten Gorontalo sebagai Ikon yang menggambarkan Falsafah Daerah.

Salah satu yang dilakukan untuk mewujudkan hal itu adalah dengan membangun Taman Budaya Limboto yang berdampingan dengan Masjid Agung Baiturrahman dan Pakaya Tower yang kini makin indah dengan dipasangnya Lighting oleh Pemerintah Daerah dan bekerja sama dengan PT. Panasonic Gobel Indonesia. 3 Ikon yang berdiri berdampingan ini makin menguatkan Kabupaten Gorontalo sebagai Daerah, Ikon Adat Budaya dan Agama di Provinsi Gorontalo.

Tidak hanya itu, untuk menambah keindahan estetika Taman Budaya, Pemerintah Kabupaten Gorontalo juga berencana melakukan Renovasi Rumah Adat. Tetapi, agar Renovasi tidak bertentangan dengan Adat, Sabtu (09/02) Pemerintah Daerah mengadakan Pertemuan dengan Pemangku Adat di Kabupaten Gorontalo, membahas hal yang bisa dilakukan dan tidak bisa dilakukan dalam merenovasi Rumah Adat, dan berbagai Gagasan lainnya untuk menambah nuansa Kabupatem Gorontalo sebagai Ikon Adat, Budaya dan Agama di Provisi Gorontalo.

“Rencananya, Rumah Adat yang tadinya menghadap ke Kantor Bupati itu akan direnovasi menghadap ke Arah Masjid. Tapi masih menunggu tanggapan dari Pemangku Adat,” kata Nelson di Aula Rumah Dinas Bupati.

Pertemuan Tokoh dan Pemangku Adat Gorontalo bersama Pemda Kabupaten Gorontalo

Selain itu, rencananya Pemerintah juga akan menanam Tanaman-Tanaman yang digunakan dalam Prosesi Adat Gorontalo.

“Kami akan bangun Sudut Adat, Budaya, Sejarah dan Sudut Tokoh Gorontalo. Agar ketika Orang berkunjung ke Kabupaten Gorontalo, Mereka akan mengetahui sejarah Provinsi Gorontalo, dan makna-makan Adat yang dilakukan dalam Prosesi Adat. Selain itu nanti Kita akan buatkan Sudut Tokoh-Tokoh Bersejarah Provinsi Gorontalo. Seperti HB Jassin, BJ. Habibie dan masih banyak lagi Tokoh Gorontalo yang tidak banyak orang ketahui bahwa Mereka itu adalah Orang Gorontalo,” ungkap Nelson dihadapan Perangkat Adat.

Bahkan Nelson juga menyampaikan, untuk mengetahui sejarah Provinsi Gorontalo, Tokoh Adat akan dikirimkan ke Belanda dan melihat arsip-arsip Provinsi Gorontalo.

Laporan: Najid Lasale
Editor: Bayu Supratna

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini