oleh

Kadis Pariwisata Tekankan Peran Pokdarwis, Pada Pembukaan Sosialisasi Sadar Wisata Dan Sapta Pesona

LINTAS PARIWISATA (LIGO) – Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo melaksanakan kegiatan sosialisasi sadar wisata dan sapta pesona pariwisata Provinsi Gorontalo. Kegiatan yang dilaksanakan di Grand Q Hotel, Jum’at (13/07/2018) itu dihadiri kelompok-kelompok sadar wisata Se-Provinsi Gorontalo.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Dr. Ir. Nancy Lahay MP, saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan, Gorontalo merupakan daerah yang memiliki banyak destinasi wisata. Salah satu destinasi wisata Gorontalo yang paling banyak dikunjungi wisatawan baik mancanegara maupun wisatwan regional ialah taman bawah laut Olele yang berada di Kabupaten Bone Bolango. Olele banyak dikunjungi para pencinta diving dan Snorkeling.

“Gorontalo memiliki 40 spot diving yang sudah terekspos dengan kurang lebih 156 salvador. Diantara salvador tersebut, terdapat satu salvador yang hanya ada 3 di dunia, salah satunya ada di Desa Olele, Bone Bolango, Provinsi Gorontalo,” ujar Nancy Lahay.

Nancy juga mengungkapkan bahwa saat ini masih banyak masyarakat belum sepenuhnya tahu bahwa potensi wisata bawah laut dapat mendorong sektor ekonomi masyarakat dan daerah. Maka untuk menjaga potensi wisata tersebut dibutuhkan peran kelompok sadar wisata.

“Adanya kelompok sadar wisata ini, sangat diharapkan mereka menggembangkan sektor wisata ditempat masing-masing. Sehingga akan membuat wisatawan datang dan berkunjung menikmatinya. Wisatawan pasti membelanjakan uangnya disana. Dengan demikian, hal ini mampu mendorong perekonomian masyarakat,” tukas Nancy.

Dijelaskan pula, Gorontalo memiliki Destinasi Wisata Hiu Paus Botubarani, Kabupaten Bone Bolango dan Pulau Cinta, Kabupaten Boalemo yang lagi viral diberbagai macam media sosial. Bahkan wisatawan yang datang ke dua lokasi ini tercatat pada tahun 2018 mengalami peningkatan secara signifikan.

“Disaat libur, kunjungan wisatawan kita di Provinsi Gorontalo di semua tempat wisata naik 30 sampai 40 persen. Yang paling banyak didatangi wisatawan itu di Hiu Paus. Kemudian ada Pulau Cinta yang berada di Kabupaten Boalemo. Untuk Pulau Cinta, kami mengupayakan bisa masuk jadi salah satu destinasi terbaik di Indonesia,” terang Kadis Pariwisata.

Meski begitu, Nancy mengaku masih banyak destinasi wisata yang sampai hari ini belum terekspos. Sehingga dengan adanya kelompok sadar wisata dimasing-masing daerah dapat membantu Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo untuk mempromosikan lokasi-lokasi wisata di Gorontalo.

“Kami berharap agar kelompok-kelompok inilah yang nantinya dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, bisa mempromosikan wisata Gorontalo,” tutup Nancy.

Laporan : Najid Lasale
Editor : Syahrir S.

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini