oleh

Kadis Pertanian Rahmad Pomalingo Optimis Produktivitas Pertanian Tahun Ini Meningkat

LINTAS KABGOR (LIGO) – Hasil Pertanian utamanya Padi/Sawah di Kabupaten Gorontalo pada Tahun 2018 diakui Bupati Nelson Pomalingo masih kurang produktif dibandingkan Bone Bolango dan Kota Gorontalo, padahal Lahan Pertanian di Kabupaten Gorontalo masih sangat luas.

Menurut Bupati, melalui Kepala Dinas Pertanian Rahmad Pomalingo Produktivitas Pertanian yang menurun di Tahun 2018 disebabkan bobolnya beberapa Bendungan di Kabupaten Gorontalo.

“Ada beberapa Bendungan Kita yang bobol di Pilohayanga dan Tibawa, namun di Pilohayanga sudah ditanggulangi bersama, ini tinggal Bendungan Tibawa yang ada di Molalahu, padahal Pak Bupati sudah menganggarkan Anggaran Perubahan Rp. 700 Juta untuk penanggulangan kerusakannya,” ujar Rahmad Pomalingo, Rabu (09/01) saat ditemui lintasgorontalo.com di ruang kerjanya.

“DAK Rp. 3 Milyar itu di 2019 ini sudah ada Anggarannya. Dan untuk yang Rp. 700 Juta itu hanya untuk Penanggulangan Sementara, tapi karena hanya beda beberapa Bulan ada Anggaran Pembangunan Bendungan Baru Rp. 3 Milyar, yah Kita bersabar saja menunggu Pembangunan Bendungan baru,” tambah Rahmad.

Lebih lanjut Rahmad mengatakan pihaknya akan mencarikan solusi agar Peningkatan Produktivitas Pertanian Tahun 2019 akan lebih baik, termasuk bekerjasama dengan OPD terkait lainnya.

“Kami akan memikirkan Langkah Strategis mulai dari mendorong SDM Petani, SDM Penyuluh, memberikan Bantuan Benih, menjamin Ketersedian Pupuk bagi Petani serta  bantuan Alat Mesin Pertanian tahun ini juga akan Kita siapkan . Dan termasuk persoalan lain seperti Tanggul, itu juga Kami akan bersama-sama Dinas terkait,”ungkap Rahmad.

Dengan langkah tersebut Rahmat optimis produktivitas Pertanian Kabupaten Gorontalo akan meningkat. Belum lagi, Tahun ini dipastikan seluruh Lahan Sawah di Kabupaten Gorontalo akan mendapatkan bantuan dari APBD Provinsi Gorontalo.

“Tahun ini seluruh Lahan Sawah Kita mendapatkan bantuan dari APBD Provinsi Gorontalo, sehingga perencanaannya Kita matangkan. Saya berharap produktivitas Pertanian Kita tahun 2019 makin meningkat,” pungkasnya.

Laporan: Najid Lasale
Editor: Gilang

Komentar

Berikan Komentar Anda