oleh

Kanwil DJPb Gorontalo Gelar Rapat Evaluasi Pengelolaan Keuangan Dengan Pemda Bonebol

LINTAS BONEBOL (LIGO) – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Kanwil DJPb) Provinsi Gorontalo melakukan rapat koordinasi dan evaluasi (Rakorev) pengelolaan keuangan pemerintah pusat dan daerah di Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) semester I tahun 2018.

Kegiatan yang dihadiri langsung Kepala Kanwil DJPb Provinsi Gorontalo Ismed Saputra, Sekda Bonebol Ishak Ntoma, para Staf Ahli Bupati, para Asisten, pimpinan OPD, Camat, dan Kepala Desa itu, dibuka secara resmi Bupati Bonebol Hamim Pou, di Galery Penataan Ruang Kantor Bupati Bonebol, Selasa (17/7/2018).

Bupati Bonebol Hamim Pou mengatakan, kegiatan rakorev yang dilaksanakan oleh Kanwil DJPb Provinsi Gorontalo ini, tidak lain adalah untuk mengevaluasi pengelolaan keuangan di Bonebolango.

”Sejauh mana performance atau kinerja kita dalam pemanfaatan dana alokasi khusus (DAK) fisik, sejauhmana juga realisasi daripada pemanfaatan dana desa (DD). Itu yang menjadi fokus dari pelaksanaan Rakorev ini,” kata Bupati Hamim Pou.

Bupati Hamim menegaskan, ada beberapa hal juga perlu menjadi perhatian kita semua, yakni masukan untuk kita di Bonebol, terutama dalam rangka menggenjot kembali pendapatan asli daerah (PAD) yang sampai saat ini masih relatif kurang. Kemudian juga bagaimana mengurangi ketergantungan kita dari dana transfer dari pusat.

”Karena dari total APBD kita, mungkin baru 6-7% kontribusi PAD kita dalam pembentukan APBD Kabupaten Bonebol,” ujar Hamim.

Disisi lain, lanjut Hamim, kita di Bonebol perlu bersyukur walaupun PAD-nya masih kecil, tapi kita sudah berusaha menggunakan dan memanfaatkan anggaran se-efisien mungkin. Tentu mengurangi belanja-belanja pegawai yang tidak mendesak dan tidak urgensi, sehingga proporsi APBD Bonebolango sekarang 61% untuk rakyat, dan hanya 39% untuk aparat.

“Jadi ditengah keterbatasan fiskal, PAD yang masih relatif kurang, tapi kami berusaha mengelola keuangan dengan baik dan tetap berpihak pada kepentingan rakyat,” terang Bupati Hamim Pou kepada Kepala Kanwil DJPb Provinsi Gorontalo Ismed Saputra dan rombongan pada kegiatan Rakorev tersebut.

Sementara itu, Kepala Kanwil DJPb Provinsi Gorontalo Ismed Saputra dan beberapa pejabat di Kanwil DJPb Provinsi Gorontalo pada kegiatan Rakorev itu, memaparkan terkait dengan realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), dan fiskal daerah, termasuk juga realisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Kabupaten Bonebol.

Laporan : Mirnawaty Ahaya/Hms Kadir
Editor : Ang

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini