oleh

Kebakaran Hebat Masih Melanda California Amerika

LIGO INTERNASIONAL – Kebakaran melanda California selatan pada Senin, 5 Desember 2017, malam waktu setempat. Salah satu kota yang paling parah terkena dampak kebakaran adalah Santa Rosa, di utara San Francisco, dengan semua distrik di kota ini hancur.

Media lokal melaporkan petugas pemadam kebakaran menghadapi kesulitan dalam mengendalikan kebakaran hutan, yang diperparah oleh cuaca panas dan angin kencang. Api menyebar dengan cepat setelah angin kencang dan angin seperti Santa Ana di California selatan bertiup ke daerah utara California menuju Pasifik.

Sementara di sepanjang pantai California, antara Ventura dan Santa Barbara, kebakaran hutan terbesar di negara bagian ini semakin mendekati permukiman. Api yang meluncur cepat dari lereng bukit ini memaksa pihak berwenang mengevakuasi warga dari puluhan rumah di tepi pantai Faria ini.

Upaya untuk memadamkan kebakaran telah menelan biaya mencapai lebih dari $ 48 juta (BBC photo)

Sekitar 7.786 penghuni rumah di Ventura dan Santa Paula mendapat mandat evakuasi wajib dari dinas pemadam kebakaran lokal, meski api belum menjangkau permukiman.

Kebakaran lainnya melanda kawasan utara Los Angeles, yang disebut Creek Fire. Dan menurut pejabat setempat, 20% wilayah yang dilahap api sudah berhasil dipadamkan dengan cakupan sekitar 15.323 hektar.

Api telah merambat ke beberapa pos pembangkit listrik di Santa Barbara dan Ventura. Akibatnya, listrik padam di permukiman dengan 260.000 penduduk tersebut. Juru Bicara California selatan, Susan Cox, melaporkan. Salah satu kota yang paling parah terkena dampak kebakaran adalah Santa Rosa, di utara San Francisco, dengan semua distrik di kota ini hancur.

Kebakaran hutan menyebar di Southern California, Api membakar pegunungan dekat Carpinteria pada hari Minggu, 10 Desember (BBC photo)

Perkembangan terakhir mencatat kebakaran telah membakar lebih dari 230 hektar di wilayah Ventura dan Santa Barbara. Catatan ini membuat Thomas Fire merupakan kebakaran terbesar kelima dalam sejarah California modern.

Gubernur California, Jerry Brown, menyalahkan Presiden Donald Trump atas kebakaran hutan terburuk di Amerika Serikat. Menurutnya, kebakaran hebat yang melanda wilayah negara bagian yang dipimpinnya karena Trump menunjukkan sikap seakan tidak takut dengan Tuhan.

 

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini