oleh

Kejari Kabgor Dan Dinas Pendidikan Launching Program Jaksa Sahabat Guru

LINTAS LIMBOTO (LIGO) – Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Gorontalo, Dr. Supriyanto, SH. MH, Mengakatan Dinas Pendidikan Kabupaten Gorontalo merupakan SKPD yang paling strategis untuk menanamkan Kesadaran Hukum. Sebab Dinas Pendidikan melalui Sekolah-Sekolah memiliki tanggung jawab untuk mencetak orang-orang yang Sadar Hukum.

Supriyanto menjelaskan bahwa Paradigma keberhasilan Hukum saat ini bukanlah dinilai dari Keberhasilan Penegak Hukum menghukum dan memenjarakan orang yang salah, tetapi berhasil mencegah orang-orang agar tidak berbuat salah.

“Sehingga ukuran suksesnya Penegak Hukum adalah ketika tidak ada lagi orang yang dipencara, jadi kita tidak lagi menangkap orang yang salah tapi mencegah orang berbuat salah,”Terang Supriyanto, Jum’at (17/05) di Aula Dinas Pendidikan, serta Melaunching Program Jaksa Sahabat Guru, yang dihadiri oleh pelaku Pendidikan di Kabupaten Gorontalo.

Karena itu Supriyanto menilai Dinas Pendidikan melalui Sekolah memiliki tanggung jawab untuk menanamkan pemahan yang benar dan salah kepada Siswa sebagai bagian dari upaya Pencegahan Tindak Hukum.

Disamping itu, melalui Program Jaksa Sahabat Guru, Supriyanto menginginkan agar Jaksa bisa menjadi Sahabat bagi siapapun.

“Kami ingin agar Jaksa bisa dekat dengan Guru, dan kedepan kami ingin agar Jaksa dekat dengan Pedagang, Abang Bentor, Petani dan Masyarakat lainnya,”Ujar Kejari usai Melaunching Program Jaksa sahabat Guru

Supriyanto juga menambhakan Tujuan dari Program ini sendiri agar kesan Jaksa menakutkan dikalangan masyarakat, hilang dan berubah kesannya menjadi Jaksa yang bersahabat.

Para Pelaku Pendidikan DiKabupaten Gorontalo Saat Menghadiri Launching Program Jaksa Sahabat Guru.

Usai melaunching, Kejari juga memberikan Sosialisasi Pengolahan DAK dan Dana Bos yang baik di tingkat Sekolah agar tidak bertentangan dengan Hukum.

Di kesempatan yang sama Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gorontalo Dr. Lilian Rahman mengahrapkan agar melalui Program Kerja Sama anatara Kejari Kabupaten Gorontalo dan Dinas Pendidikan menjadi awal yang baik bagi para Guru untuk selalu mendiskusikan dan menanyakan aturan Juknis Pengolahan DAK dan Dana BOS kepada Kejari.

“Kalau tidak bertanya banyak kesalahan, karena itu kami berharap agar para Guru memanfaatkan Program ini untuk bertanya dan bertanya agar sesuai aturan baik dalam Pengelolaan DAK dan Dana Bos,”Jelas Lilian Rahman.

Laporan: Najid Lasale
Editor : Syahrir

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini