oleh

Kembangkan Pariwisata, Dispar Kabgor Libatkan Masyarakat

LINTAS LIMBOTO (LIGO) – Pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui Dinas Pariwisata terus mendorong pengembangan sektor wisata. Hal itu dilakukan lantaran sektor ini merupakan sektor paling potensial dalam menambah pendapatan daerah. Buktinya pada tahun ini, Dinas Pariswisata hingga bulan Juli 2019 telah menyumbangkan 400 Juta lebih Pendapatan Asli Daerah (PAD), dari target yang diberikan tahun ini sebanyak 700 Juta Rupiah.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata, Yusran Lapananda, target PAD 700 Juta yang diberikan kepada Dinas Pariwisata bukanlah hal yang sulit untuk dicapai. Sebab dengan potensi yang dimiliki, kata Yusran PAD dari sektor Pariwisata di Kabupaten Gorontalo bisa melebihi 700 Juta Rupiah.

Banyak hal yang bisa dilakukan agar sektor Pariwisata Gorontalo makin diminati tidak hanya oleh Wisatawan Lokal tetapi juga Wisatawan Manca Negara. Salah satunya kata Yusran dengan mengajak masyarakat sekitar tempat Wisata terlibat memperkenalkan potensi Wisata yang dimiliki. Selain itu kata Yusran masyarakat juga harus di berikan pemahaman bagaimana menyambut Tamu/Wisatawan dengan baik, agar Wisatawan yang berkunjung puas dan datang kembali ke Gorontalo untuk berwisata.

Untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bagaimana mengelola Potensi Wisata daerah, Sabtu (27/07) Dinas Pariwisata mengadakan Pelatihan Management Home Stay, Pondok Wisata, Rumah Wisata kepada pengelola Home Stay Kabupaten Gorontalo.

“Pelatihan ini adalah untuk memperkuat Sumber Daya Manusia pengelola Wisata Kita, khususnya Pengelola Home Stay dan Pondok Wisata,” kata Yusran.

Dirinya memberikan alasan mengapa Pengelola Home Stay di Kabupaten Gorontalo perlu di dorong, sebab kata Yusran, Wisatawan yang datang khususnya Wisatawan Manca Negara (Wisman) yang datang ke Gorontalo lebih senang tinggal di Home Stay dan menikmati suasana pemukiman yang tidak mereka (Wisman) dapatkan di negaranya.

“Kita tumbuhkan dulu Home Stay yang ada di Gorontalo, Kita berikan kesempatan kepada pengelola, selama keberadaan mereka sama-sama menguntungkan, maka Kita perlu dukung,” ucap Yusran.

Yusran berharap kepada Pengelola Home Stay yang diberikan pengetahuan me-Manage Home Stay dapat mempraktekkan hal tersebut kepada Wisatawan Manca Negara.

Kadis Pariwisata Kabupaten Gorontalo Yusran Lapananda. (foto: dok pribadi)

Selain mendorong SDM Pengelola Home Stay untuk meningkatkan sektor wisata di Gorontalo, Yusran dan Dinas Pariwisata Kabupaten Gorontalo masih memiliki strategi lain yakni dengan memanfaatkan perkembangan Media Sosial untuk memperkenalkan sektor Wisata.

“Perkembangan teknologi ini harus Kita manfaatkan, ini juga merupakan bagian dari komitmen Kita untuk bergerak maju dalam memanfaatkan Pariwisata dan memperkenalkan Pariwisata Kabupaten Gorontalo,” jelas Yusran. (B01)

Editor: Syahrir

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini