oleh

Kemendagri Akui Peningkatan Penyelenggaraan Pemda Kabgor

LINTAS LIMBOTO (LIGO) – Pemerintah Kabupaten Gorontalo dinilai telah berhasil menyelenggarakan Pemerintahan Daerah dengan Baik ini dibuktikan dengan Penilaian yang dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri melalui Bidang Evaluasi Kinerja.

Menurut Kasubid Evaluasi Kinerja EKPKD Yasoara Zai,S.Sos, MM saat melakukan Evaluasi di Pemerintah Kabupaten Gorontalo, Selasa (07/08), dirinya melihat rata-rata Penyelenggaraan Pemerintah Kabupaten Gorontalo mengalami Peningkatan. Bahkan Gorontalo masuk dalam 15 Besar Daerah dari 395 Daerah Kabupaten di Indonesia yang menyelenggarakan Pemerintah Dengan Baik.

Yasoara menjelaskan Evaluasi atas Capaian Kinerja Pemerintah Daerah ini merupakan kegiatan rutin Kementerian Dalam Negeri sesuai amanat Undang-Undang 23 Tahun 2014. Dalam Pasal 69 disampaikan bahwa Kepala Daerah, Bupati,Walikota maupun Gubernur wajib menyampaikan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah setiap tahunnya. Setelah melaporkan Penyelenggaran Pemerintah Daerah, Kementerian Dalam Negeri kemudian melakukan Validasi Verifikasi dari Kabupaten Kota.

“Mudah-mudahan Kabupaten Gorontalo akan menerima Penghargaan atas Penyelenggaraan ini, dan rata-rata Kami lihat ada peningkatan dalam Penyelenggaraan Pemerintah Daerah,” terangnya.

Sementara itu Bupati Nelson yang menerima langsung Tim Evaluasi ini menyampaikan bahwa Penilaian terhadap Pemerintah Daerah dilakukan dalam banyak hal, tidak hanya Pengelolaan Pemerintahan saja, Pengelolaan Keuangan dan Laporan Kinerja juga merupakan bentuk Penilaian kepada Pemerintah Daerah.

Pemda Kabupaten Gorontalo saat menyambut Tim Evaluasi dari Kementerian Dalam Negeri

Bagi Nelson yang paling penting dalam Penyelenggaraan Pemerintahan adalah bagaimana masyarakat merasa puas atas Pelayanan dan Kebutuhan masyarakat bisa dipenuhi oleh Pemerintah.

“Penilaian ini hanyalah Penilaian Eksternal, yang penting adalah Penilaian dari masyarakat itu sendiri, karena merekalah yang merasakan Penyelenggaraan Pemerintah Kita,” ungkap Nelson.(B01).

Editor: Najid

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini