oleh

KEP Insan Mandiri Bone Pantai Akan Menerima Penghargaan Dari Menteri Pertanian RI

LINTAS BONEBOL (LIGO) – Kabupaten Bone Bolango kembali menoreh prestasi sekaligus akan menerima penghargaan ditingkat nasional. Kali ini prestasi yang membanggakan datang dari bidang pertanian, kategori Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) Berprestasi, yakni KEP Insan Mandiri Bone Pantai.

Rencananya penghargaan itu akan diserahkan langsung Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaeman, di Auditorium Gedung F Kementerian Pertanian pada tanggal 16 Agustus 2018 mendatang.

“Ini menjadi prestasi yang cukup membanggakan bagi Kabupaten Bonebolango. Apalagi yang menerima penghargaan ini akan mengikuti rangkaian kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 tahun 2018 di Istana Negara,” kata Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bonebolango, Roswaty Agus, Kamis (9/8/2018).

Menurut Roswaty Agus, KEP Insan Mandiri Bone Pantai dikelola oleh Apris Nasrun Buhungo. Seorang pemuda kelahiran Desa Tamboo Kecamatan Bone Pantai yang pernah berprofesi sebagai petugas air minum isi ulang dan tukang becak motor (bentor) sebelum menekuni profesi petani pada tahun 2008 yang silam.

Sementara itu, dihubungi secara terpisah, Apris Nasrun Buhungo menceritakan, pertama kali dirinya menjadi petani mencoba membudidayakan jagung dan pisang. Tapi keuntungan jagung kurang memuaskan karena kendala teknis di lapangan berupa hama babi hutan dan harga yang rendah. Namun hal itu, tidak membuatnya putus asa untuk menjadi petani.

”Walaupun saya hanya orang yang beralih profesi menjadi petani, saya sangat bersemangat mengikuti kegiatan pola sekolah lapang yang diadakan oleh Balai Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura(BPTPH) Provinsi Gorontalo,” kata Apris Nasrun Buhungo.

Dia menambahkan, dari kegiatan tarsebut lahirlah kecintaanya pada dunia pertanian dan selalu mengikuti kegiatan penyuluhan maupun bimbingan teknis (Bimtek) yang diselenggarakan oleh dinas terkait.

”Tukang bentor yang digeluti selama ini, saya tinggalkan dan fokus menjalani profesi sebagai petani. Saya pun bergabung di Kelompok Tani Maju Bersama. Alhamdulillah saya dipercaya oleh anggota menjabat sebagai sekretaris kelompok Maju Bersama,” urainya.

Lewat Kelompok Tani Maju Bersama ini, lanjut Apris, dia menggalang pemuda-pemuda yang ada di Desa Tunas Jaya Kecamatan Bone Pantai yang pengangguran untuk dipekerjakan dilahan taninya dan mengajak pemuda-pemuda tersebut agar bergabung di Kelompok Tani Maju Bersama dan mengembangkannya. Setelah berjalan beberapa tahun, kelompok ini mengalami kemajuan dalam usaha tani. Oleh penyuluh pendamping wilayah binaan mengusulkan Kelompok Tani Maju Bersama ke Bidang Kelembagaan Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) waktu itu, untuk dimasukkan dalam penumbuhan Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP).

Seiring dengan berjalannya waktu, jelas Apris, Pemerintah Daerah Kabupaten Bone Bolango dalam hal ini Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM menginisiasi supaya Kelompok Tani Maju Bersama statusnya ditingkatkan menjadi koperasi. Dengan pertimbangan tersebut maka pengurus dan anggota kelompok tani menggagas pendirian Koperasi Insan Mandiri Bone Pantai melalui Rapat Anggota (RA).

Dia pun terpilih menjadi Ketua Pengurus Koperasi Insan Mandiri Bone Pantai yang dilantik dan dikukuhkan oleh Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Bone Bolango.

”Sejak dilantik jadi Ketua KEP Insan Mandiri, tidak henti-hentinya untuk bekerja keras untuk menjalankan apa yang menjadi visi dan misi Koperasi Insan Mandiri Bone Pantai,” ulasnya.

Apris pun mengaku bersyukur, pada bulan Februari Tahun 2018 berkat Ridho Allah SWT, KEP Insan Mandiri yang merupakan gagasannya bisa mengikuti seleksi tingkat Kabupaten Bonebolango dalam kategori KEP dan terpilih mewakili Bonebol untuk mengikuti seleksi kategori KEP tingkat Provinsi Gorontalo.

“KEP Insan Mandiri Bone Pantai pun terpilih mewakili Provinsi Gorontalo dalam kategori KEP untuk mengikuti seleksi tingkat Nasional. Syukur Alhamdulillah bisa meraih KEP Berprestasi ditingkat nasional tahun 2018 dan akan menerima penghargaan dari Menteri Pertanian RI,” ucap Apris penuh syukur.

Laporan : Najid Lasale/Hms Kadir
Editor : Ang

Komentar

Berikan Komentar Anda