oleh

Keren..!! Agus Lahinta Optimis Kain Karawo Khas Gorontalo Tembus Pasar Internasional

LINTAS NASIONAL (LIGO) – Creative Director Rumah Karawo Gorontalo Agus Lahinta yakin Kain Karawo Khas Gorontalo bisa menembus pasar Amerika.

Dilansir dari VoaIndonesia Jum’at (26/10), Agus Lahinta menuturkan setelah mengikuti berbagai pagelaran di Indonesia dan memiliki tempat pemasaran di kota-kota Besar di Indonesia, Agus Lahinta yang di dorong Bank Indonesia tengah mencanangkan untuk menembus pasar Amerika.

Meskipun Amerika dikenal sebagai Negara yang memiliki beragam Fashion yang terkenal, Agus Lahinta yakin orang Amerika senang dan lebih menghargai hasil buah tangan yang dibuat secara tradisional.

“Pada tahun ini saya mencoba dengan bantuan Indonesia Fashion Gallery untuk menembus pasar Amerika. Saya yakin orang diluar Indonesia sangat menghargai karya tangan yang dibuat secara Tradisional dan ini terbukti ketika saya menjelaskan teknik membuatnya kepada mereka, satu kata yang mereka katakan itu amazing,” ujar Agus Lahinta.

Agus juga menjelaskan, inspirasi Desain Karawo terinspirasi dari potensi alam. Namun seiring zaman, berbagai ide desain mulai berkembang.

“Awal dari Karawo itu muncul, motif-motif yang sering dibuat itu terinspirasi dari hasil alam. Seperti kelapa, jagung dan sebagainya. Namun seiring waktu telah mengalami perkembangan dan kami banyak mengeksplore motif-motif budaya,” jelas Agus.

Salah Satu Karya Rumah Karawo dari Agus Lahinta saat Indonesia Fashion Week 2018. (foto: VoAIndonesia.com)

Kain khas Karawo Gorontalo ini juga ditegaskan Agus dapat dipakai oleh semua kalangan, bahkan para kaum milenial juga dapat menggunakannya, sebab kata Agus banyak motif yang dibuat sesuai keinginan pasar, termasuk keinginan Milenial.

“Ada trend terbaru yang kami ciptakan di Rumah Karawo agar Karawo ini bisa digunakan siapa saja. Dan yang paling penting, bila menggunakan kain karawo ini dapat juga di mix dengan pakain lainnya biar makin hits digunakan kaum Milenial,” tandasnya.

Laporan: VoAIndonesia/Najid Lasale
Editor: Syahrir

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini