oleh

Ketua DPRD Kota Gorontalo Apresiasi Uji Coba ASIMKel Di Kecamatan Dumbo Raya

LINTAS DEKOT (LIGO) – Pemerintah Kota Gorontalo melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian  ciptakan Aplikasi Sistem Informasi Masyarakat Kelurahan (ASIMKel) yang sudah mulai diterapkan di Kelurahan.

Aplikasi ASIMKel ini juga mendapat apresiasi dari Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Gorontalo Fedriyanto Koniyo yang mengatakan, aplikasi ini merupakan jawaban atas segala keluhan pelayanan masyarakat di tingkat Kelurahan.

Melalui Aplikasi tersebut, Pemerintah Kelurahan dapat memberikan pelayanan yang cepat kepada masyarakat yang ingin membuat surat-surat atau administrasi yang dibutuhkan.

“Ini adalah sebuah langkah maju yang dilakukan oleh Kominfo dalam menyiapkan aplikasi pelayanan kepada masyarakat. Sehingga dengan aplikasi ASIMKel ini, masyarakat-lah yang akan mendapat manfaatnya dengan mendapatkan pelayanan yang cepat,” ujar Fedriyanto Koniyo usai memberikan sosialisasi kepada operator Kelurahan di Kecamatan Dumbo Raya. Senin (01/10/2018), Aula Kecamatan Dumbo Raya.

Selama ini Pemerintah Kelurahan memang sudah melakukan pelayanan dengan baik. Hanya saja waktu pelayanan yang diberikan kepada masyarakat masih dikeluhkan.

“Dengan menggunakan Aplikasi ASIMKel, hanya dengan waktu 20 detik masyarakat dapat memperoleh surat-suratan yang di inginkan dari Pemerintah Kelurahan,” terang Fedriyanto Koniyo.

Namun aplikasi ini belum sepenuhnya diterapkan di seluruh Kelurahan Kota Gorontalo. Sebab Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian saat ini masih melakukan uji coba Aplikasi tersebut di sebelas Kelurahan, Kecamatan Dumbo Raya dan Kecamatan Kota Timur.

Aplikasi ini sendiri sudah digagas sejak lama oleh mantan Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Gorontalo, Rosman Bau yang sebelumnya sudah memaparkan pentingnya penerapan Aplikasi ini dihadapan  DPRD Kota.

Rosman Bau menuturkan, selama ini pelayanan ditingkat Kelurahan dinilai belum memberikan pelayanan sesuai dengan yang diharapkan oleh masyarakat. Karena hal itulah, dirinya menyampaikan gagasannya kepada DPRD Kota Gorontalo, agar pelayanan di tingkat Kelurahan berjalan secara maksimal.

Fedriyanto Koniyo dan Rosman Bau, mantan Kadis Kominfo (tengah, kemeja hitam) foto bersama Pemerintah Kecamatan

“dengan aplikasi ini, semua administrasi yang dibutuhkan sudah tersedia. Tapi kebetulan belum diterapkan diseluruh Kelurahan, karena masih dalam tahap uji coba. Nanti kalau hasil bagus maka akan diterapkan diseluruh kelurahan,” jelas Rosman Bau penggagas ASIMKel yang juga merupakan mantan Kepala Dinas Kominfo Kota Gorontalo.

Laporan: Najid Lasale
Editor: Arlan

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini