oleh

Kompetensi Kepsek Boalemo Terus Di Tingkatkan

LINTAS BOALEMO (LIGO) – Kompetensi Kepala Sekolah,TK, SD, SMP dan SMA di Kabupaten Boalemo terus ditingkatkan oleh Dinas Pendidikan. Kali ini, Dinas Pendidikan menggandeng Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bahasa (P4TK) Jakarta, menggelar Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah bagi Kepala TK, SD dan SMP se-Boalemo.

Kepala P4TK Bahasa Dr. Luiza F. Saidi menyampaikan Program ini secara bertahap dan berkesinambungan harus ditingkatkan melalui Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Penguatan Kepala Sekolah yang bertujuan memberikan Lisensi Kepada Kepala Sekolah dalam memimpin Sekolah.

“Saya berharap kesungguhan para Kepala Sekolah dalam mengikuti Diklat ini mendapat perhatian serius karena menentukan pencapaian tujuan Diklat, disamping itu harapan besar Pemerintah bagi Kepala Sekolah yang telah mengikuti Penguatan Kepsek  dan dinyatakan lulus kiranya dapat menerapkan ilmu kepemimpinannya di Sekolah nantinya,”ucap Dr. Luiza saat membuka pelatihan ini beberapa waktu lalu.

Luiza juga menambahkan tujuan Diklat Penguatan Kepala Sekolah ini dilakukan agar Kepala Sekolah mampu membawa Sekolah menuju perubahan. Disamping itu Kurikulum Sekolah harus menjawab tantangan Abad  21.

“Penguatan Pendidikan Karakter harus tercermin pada seluruh warga Sekolah, Sekolah tidak boleh mengabaikan lagi Konsep Literasi, terutama Literasi Digital, semua kegiatan selama penguatan akan mendalami 13 materi ditambah dengan 1 materi Literasi Digital, materi didalami dalam bentuk Lembar Kerja (LK),  semua hal terbarukan dari kegiatan Penguatan Kepsek dapat diimplementasikan di Sekolah nantinya,” terang Luzia soal tujuan Diklat Kepala Sekolah.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Dikpora Boalemo, Sherman Moridu menyampaikan bahwa di Era Desentralisasi dan Otonom Pendidikan para Kepala Sekolah harus mampu menunjukkan Profesionalismenya . Sebab jabatan ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang yang tidak terlatih dan tidak disiapkan secara khusus.

“Kegiatan Diklat Penguatan Kepala Sekolah merupakan hal penting bagi Kepala Sekolah, karena lulus tidaknya pada kegiatan ini akan berpengaruh pada karir para Kepala Sekolah karena konsekuensi apabila tidak memiliki Sertifikat Kompetensi Kepala Sekolah maka tidak berhak menandatangani Ijazah dan Dana Bantuan BOS, walaupun bisa diulang,” tutur Sherman.

“Untuk meningkatkan Mutu Pendidikan, Kepala Sekolah merupakan salah Satu Pilar yang harus mendapatkan perhatian. Oleh sebab itu, dalam kesempatan Diklat Penguatan Kepala Sekolah ini diharapkan Kepala Sekolah bisa menyelesaikan Pelatihan dengan baik agar mendapatkan Sertifikat sebagai syarat untuk memiliki Nomor Unit Kepala Sekolah (NUKS),”ungkap Sherman.

Laporan: Mukrin Laete
Editor: Arlan

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini