oleh

Konsep Indonesia Utara Oleh Wakil Bupati Gorontalo Utara Terpilih Thariq Modanggu

LINTAS GORUT (LIGO) – Kader terbaik HMI yang juga Wakil Bupati Gorontalo Utara terpilih Thariq Modanggu mengkampanyekan konsep pembangunan Indonesia melalui poros Indonesia Utara pada pelantikan pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Gorontalo, Ahad (29/07/2018) di Gedung Yiladiya Rudis Walikota Gorontalo.

Konsep baru Indonesia Utara dijelaskan Thariq merupakan pengembangan konsep kawasan yang belum tersentuh oleh pemerintah pusat. Isu yang ada saat ini hanya dibingkai oleh Indonesia Barat, Indonesia Tengah, dan Indonesia Timur.

Sementara itu Indonesia Utara yang berada di pesisir utara behadapan dengan laut Sulawesi dan Asia Pasifik, kemudian berdekatan dengan Negara tetangga seperti Taiwan dan Korea memiliki tantangan dari segi pertahan, ekonomi dan perdagangan. Maka kemudian isu ini dunilai perlu dan sangat baik bagi daerah yang berada di sisi Utara Indonesia.

“Dari sisi pertahanan kemudian ekonomi maupun perdagangan. Ini baik menjadi sebuah pengembangan yang tentu akan memberi dampak secara ekonomi bagi Gorontalo secara khusus, dan juga kawasan ini (Indonesia Bagian Utara) secara umum, saya kira itu yang menjadi poin gagasan Indonesia Utara,” urai Thoriq saat diwawancarai lintasgorontalo.com usai kegiatan pelantikan.

Lebih lanjut, disampaika Thoriq bahwa konsep yang sementara diramu ini, akan melakukan kerja sama dengan daerah yang berada di sisi utara seperti Kabupaten Buol, Bolang Mongondow, Sangihe, Kalimantan dan seluruh cangkupan daerah yang berada di sisir utara.

“InsyaAllah kami akan mulai membangun jaringan, kami tengah menyiapkan konsepnya sekarang, kerja sama. Kita akan datangi Kabupaten dan Provinsi yang berada di pesisir utara untuk kita tawarkan konsep ini,” ujar Thariq

“Kemudian isu ini akan direalisasikan dan konsep ini sedang dalam taraf penyusunan road map untuk pengembangan sempurnanya. Dan ini akan mendukung poros maritim Indonesia yang juga merupakan fokus pemerintah pusat saat ini,” lanjutnya.

Rahim Key sebagai Pengurus Besar (PB) HMI saat melantik HMI Cabang Gorontalo mengakui konsep dari Wakil Bupati Gorontalo Utara terpilih Thariq Modanggu sangat memiliki nilai besar, khusus dalam memajukan daerah dan Negara Indonesia. Rahim mengatakan bahwa konsep Indonesia Utara merupakan konsep yang sesuai dengan rekomendasi hasil kongres HMI di Ambon, dimana untuk mendorong Indonesia sebagai poros maritim.

“Rencana Indonesia Utara, saya pikir itu sangat bagus dan bersentuhan dengan Indonesia sebagai poros maritim. Itu sangat baik untuk semua,” terang Rahim Key.

Laporan : Iyas
Editor : Bayu Supratna

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini