oleh

KPU Bangun Kesadaran Pemilih Pemula Gorontalo Soal Pemilu

LINTAS POLITIK (LIGO) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo terus lakukan Sosialisasi Tata Cara Pemilihan Umum dan Pengenalan Politik, agar Warga Negara akan gunakan Hak Pilihnya saat Pemilu nanti. Kali ini KPU sosialisasi pada Siswa SMK/SMA/MA se-Provinsi Gorontalo. Gedung Serba Guna (GSG) SMK N 1 Gorontalo.

Dengan tema “Generasi Milenial Melek Politik”, gelaran Sosialisasi yang dimulai sejak pukul 09.00 pagi itu bertujuan Menyasar Pemilih Pemula, hal ini dilakukan mengingat isu yang beredar bahwa sebagian Pemilih Pemula tidak mengetahui pada 17 April dilakukan Pemilihan Umum DPD, DPRD, DPR RI dan Pilpres. Ini disampaikan Ramli Ondang Djau selaku Komisioner KPU Provinsi dan juga sebagai Divisi Hukum dan Pengawasan Internal.

“Untuk saat ini kita memilih SMA, SMK, MA. Sebagai sasaran kita untuk sosialisasi. Karna ada isu yang mengatakan bahwa, sedikit sekali yang mengetahui dari pemilih pemula yang mengetahui bahwa 17 April itu  tanggal pemilahan”. ungkap Ramli. Sabtu (16/02).

Lanjutnya juga, Kegiatan ini dilakukan untuk mengejar ketertinggalan Masyarakat terhadap Pengetahuan dan Partisipasi tentang Pemilihan Umum. Bahkan rencananya Sosialisasi ini akan terus dilakukan kepada Masyarakat Milenial yang kurang mengetahui, khususnya Siswa SMA, SMK dan MA.

Presentase Pemilih Milenial di Gorontalo sekitar 40% sampai 60% Pemilih. Sedangkan Pemilih Pemula sekitar 20%. Sasaran KPU dalam Sosialisasi adalah Kaum Milenial dan Pemilih Pemula. Upaya ini dilakukan agar ada peningkatan Pemilih di Provinsi Gorontalo, dan juga memberikan Pendidikan Politik kepada Pemilih Pemula dan Kaum Milenial.

KPU memberikan Pengetahuan tentang Politik, Partai Politik, Peserta Pemilu dan Penyelenggaraan Pemilu. Dan juga hal-hal yang harus Dihindari dalam Pemilihan seperti Peserta Pemilu melakukan Kampanye Hitam, Money Politic dan sebagainya.

“Tujuannya untuk memberikan Pengetahuan. Pengetahuan yang sebanyak-banyaknya kepada Pemilih Milenial, tentang Politik, tentang Partai Politik, tentang Peserta Pemilu dan Penyelenggaraan Pemilu. Semuanya Kita sampaikan disini” ujar Ramli saat diwawancarai usai kegiatan selesai.

Ramli Ondang Djau Komisioner KPU Provinsi Gorontalo bersama Peserta Sosialisasi “Generasi Milenial Melek Politik”

Zulkarnain yang mewakili Kepala Sekolah SMK N 1 Gorontalo yang juga sebagai Ketua Program Keahlian Broadcasting dan Penyiaran Radio mengungkapkan pentingnya kegiatan ini bagi Pemilih Pemula, karena kegiatan ini memberikan Pencerahan dan Pengetahuan Politik bagi Pemilih Pemula.

“Karena ini merupakan Pengalaman dan perjalan hidup pertama Mereka kan (dalam dunia Politik dan Demokrasi). Mereka harus mendapatkan Pencerahan mengenai arti Demokrasi, arti Pemilihan, arti bagaimana menyuarakan Suara Aspirasi sebagai Warga Negara. Karena proses pada 17 April kedepan itu menentukan nasib Indonesia 5 tahun kedepan” kata Zulkarnain.

Zulkarnain menambahkan, dalam Pendidikan di Sekolah, Siswa juga diberi pengetahuan tentang Demokrasi misalnya dalam Mata Pelajaran, Organisasi Sekolah seperti OSIS, MPK, dan kegiatan Kesiswaan seperti Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK).

Dan itu memberi Pengetahuan tentang Demokrasi, pengetahuan Pemilihan. Praktik pengetahuan itu dipraktekkan seperti pada Pemilihan OSIS, dan disuarakan oleh seluruh Siswa, yang secara tidak langsung Siswa sudah mempelajari Demokrasi, Politik dan Pemilihan Umum.

Guru Broadcasting itu juga berharap agar kegiatan Sosialisasi seperti ini intens dilakukan KPU. Walaupun Siswa terbilang baru dalam Pemilu, Mereka juga menjadi tonggak masa depan Negara yang ada di tangan mereka.

“Hal ini juga merupakan masa depan Demokrasi dan juga masa depan Indonesia di lima tahun mendatang.” tukas Zulkarnain

Laporan: Elias
Editor: Syahrir

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini