oleh

Kuliah Umum Technopreneur Unisan, Fadel Muhammad Bahas Konsep Ekonomi Pancasila

LINTAS KAMPUS (LIGO) – Ribuan Mahasiswa Universitas Ichsan Gorontalo hadiri Seminar 4 Pilar MPR-RI dengan tema “Komitmen Pelaksanaan Konstitusi Untuk Melaksanakan Dasar Pancasila” dan Kuliah Umum Technopreneur yang disampaikan oleh mantan Gubernur Gorontalo, Prof. Fadel Muhammad. Kamis,(20/09/2018). di Unisan Gorontalo.

Fadel menyampaikan bahwa ekonomi Pancasila sangat penting untuk diterapkan kepada masyarakat Indonesia, karena dengan diterapkannya sistem ekonomi pancasila ini akan membuat seluruh kebutuhan masyarakat Indonesia dapat terpenuhi.

“yang paling penting dalam ekonomi pancasila ini, seluruh kebutuhan pokok masyarakat dapat terpenuhi termasuk kesehatan masyarakat dan pendidikannya,” ucap Fadel.

Namun untuk menerapkan sistem ekonomi ini dijelaskan Fadel tidaklah mudah, apalagi bagi perusahaan swasta yang lebih banyak menerapkan ekonomi kapital dengan mengharapkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya. Sehingga dirinya mengharapkan agar pemerintah dapat mendorong sistem ekonomi pancasila ini.

“hal ini perlu kita dorong, dengan membuat aturan dan kebijakan untuk kepentingan orang banyak. itu yang paling inti,” terang Fadel.

Sementara itu, Rektor Univeristas Ichsan Gorontalo DR. Abd Gaffar Latjokke, menilai sosialisasi ini sangat penting untuk diketahui mahasiswa, sebab salah satu tugas Kampus menurutnya adalah menciptakan sarjana yang mandiri dan siap pakai.

“untuk mewujudkan itu, pertama yang kami lakukan adalah mengubah kurikulum dengan memasukkan semua Mata Kuliah Kewirausahaan di dalam kurikulum. Karena perkembangan kewirasusahaan itu sudah menggunakan teknologi maka kita rubah menjadi technopreneurship,” ujar Gaffar

Rektor Unisan Gorontalo, DR. Abd. Gaffar Latjoke dan Fadel Muhammad menandatangani surat kerja sama sosialisasi 4 Pilar

Hubungan kewirausahaan Technoprenuer dengan ekonomi Pancasila ini menurut Gaffar adalah bagaimana  keadilan sosial itu dapat terpakai di masyarakat.

“sehingga ekonomi yang kita bangun ini adalah bagaimana memperhatikan seluruh aspek usaha yang ada di negeri ini tumbuh bersama, tanpa harus menumbuhkan ketimpangan di tengah masyarakat,” terang Gaffar Latjokke

Rektor Unisan berharap, melalui sosialisasi ini mahasiswa dapat memahami kesempatan dan peluang serta terus berusaha untuk meraih kesuksesan.

Laporan: Najid Lasale
Editor: Arlan

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini