oleh

Laksanakan Pandu Laut Nusantara, Pemprov Gorontalo Bersama Masyarakat Bersih-Bersih Pantai

LINTAS PEMPROV (LIGO) – Dalam rangka mengisi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, Pemerintah Provinsi Gorontalo dibawah koordinir langsung Pj. Sekda Provinsi Gorontalo Anis Naki bersama masyarakat Kelurahan Leato Selatan, Kecamatan Dumbo Raya membersihkan pantai Tambo’o Kota Gorontalo, Ahad (19/07/2018).

Kegiatan dengan tajuk “Pandu Laut Nusantara” ini, merupakan intruksi Menteri Kelautan Dan Perikanan RI Susi Pujiastuti yang menghimbau agar Pemerintah Daerah dapat mengajak masyarakat untuk lebih mencintai lautan dengan cara menjaga kebersihannya.

Gorontalo merupakan salah satu daerah yang juga melaksanakan Pandu Laut Nusantara dari 73 titik pantai di seluruh daerah di Indonesia yang juga melaksanakan kegiatan yang sama pada hari ini, Ahad (19/08).

Kegiatan diawali dengan membersihkan sampah di pantai Tambo’o sepanjang 400 Meter. Yang kemudian Pj. Sekdaprov Anis Naki beserta sejumlah SKPD Provinsi Gorontalo dan masyarakat berdiri dibibir pantai untuk melihat keindahan laut Tambo’o dengan maksud agar bisa lebih memperhatikan keindahan laut.

Pada kegiatan tersebut, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Gorontalo Sutrisno mengajak masyarakat untuk mewujudkan laut yang bersih dan berseri.

“Dengan semangat kebaharian kita wujudkan laut yang bersih sehat, sehingga terwujud nelayan yang berseri,” ajak Sutrisno

Seirama dengan Kadis Kelautan dan Perikanan, Kadis Pariwisata Provinsi Gorontalo Dr. Ir Nancy Lahay MP yang turut melakukan kegiatan bersih-bersih pantai itu menyampaikan, kebersihan pantai juga merupakan salah satu program Kementerian Pariwisata yang masuk dalam program Akses Sapta Pesona Indonesia.

Dijelaskan Nancy, salah satu langkah yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata untuk menjaga keindahan dan kebersihan di daerah destinasi wisata ialah dengan membetuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Namun Nancy menyadari bahwa keberadaan Pokdarwis saat ini masih terbatas.

“Kami menyadari mereka masih terbatas dalam melakukan pengawasan. Makanya kita menyadari bahwa ini bukan hanya tugas Pokdarwis saja untuk menjaga destinasi wisata yang ada. Tetapi menjadi tugas bersama seluruh masyarakat Gorontalo. Karena keberadaan wisata ini bila diolah akan memberikan dampak yang sangat luar biasa bagi masyarakat dan tidak akan pernah habis,”  terang Nancy Lahay.

Pantai Tamboo usai dibersihkan

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari salah satu Anggota DPRD Provinsi Gorontalo yakni Fikram A.Z Salilama. Fikram mengatakan bahwa tindakan Pemerintah Provinsi Gorontalo dalam memberikan perhatian kepada kebersihan laut sangatlah baik.

“Saya berharap jangan hanya sebatas kegiatan seperti ini, tetapi hal ini harus terus digalakkan secara keseluruhan. Semua SKPD harus bergerak untuk memberikan kesadaran pada masyarakat,” ujar Fikram.

Laporan : Najid Lasale
Editor : Ang

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini