oleh

Launching BUMDes Cemerlang Desa Butu Kecamatan Tilongkabila, Ini Harapan Kaban Bappelitbang Bonebol

LINTAS BONEBOL (LIGO) – Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) harus mampu meningkatkan perekonomian desa dan diharapkan dapat membantu menggerakkan ekonomi masyarakat di desa. Hal ini disampaikan Bupati Bone Bolango yang diwakili Kepala Bappeda-Litbang Kabupaten Bonebol Iwan Mustapa pada peluncuran (launching) BUMDes Cemerlang Desa Butu Kecamatan Tilongkabila, dengan fokus pengembangan usaha batu bata dengan metode “RASAKAN”, di Aula Kantor Desa Butu, Jumat (27/7).

“Jadi keberadaan BUMDes ini, harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan perekonomian desa dan untuk membantu masyarakat di desa, khususnya masyarakat Desa Butu yang berprofesi sebagai pembuat batu bata,” kata Iwan Mustapa.

Sementara itu, Camat Tilongkabila Marten Hunawa mengatakan, peluncuran BUMDes Cemerlang Desa Butu diintegrasikan dengan Proyek Perubahan (Proper) Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) tingkat III angkatan V tahun 2018 Provinsi Gorontalo.

Menurut Marten Hunawa yang juga peserta Diklatpim III ini, kurang lebih 25 kelompok pembuat batu bata yang dinaungi oleh BUMDes Cemerlang dan melibatkan 75 orang tenaga kerja dengan produksi batu bata setahun berkisar 250.000 biji.

“Semoga dengan BUMDes ini, masyarakat Desa Butu akan mendapatkan manfaatnya. Program ini menggunakan metode “RASAKAN”, yakni produksi, bayar, pasarkan, dan menabung,” jelas Marten Hunawa.

Laporan : Mirnawaty Ahaya/Hms Kadir
Editor : Ang

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini