oleh

Launching Panduan Pengolahan Minyak Kelapa, Bupati Nelson : Ini Harus Jadi Industri Rumahan

LINTAS KABGOR (LIGO) – Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo secara resmi me-launching Panduan Pengolahan Minyak Kelapa bersama Bappenas RI dan Kedutaan Kanada, Senin (13/08/2018) di Aula Yiladia Rumah Dinas Bupati Gorontalo.

Nelson menilai, kelapa merupakan produk tua unggulan yang mulai dilupakan, bukan hanya di Gorontalo tetapi juga hampir disemua daerah di Indonesia. Karena hal itulah, Pemerintah Kabupaten Gorontalo terus melakukan revitalisasi dan pengembangan Kelapa.

“Yang paling penting adalah produk kelapanya. Sehingga melalui panduan standarisasi dan proses pengelolaan minyak kelapa oleh Bappenas ini kita akan tindak lanjuti penyebarannya, pendampingannya, sehingga pengelolaan minyak kelapa ini terus berkelanjutan,” tutur Nelson.

Pemerintah Kabupaten Gorontalo sendiri berharap, pengelolaan minyak kelapa di Kabupaten Gorontalo dapat menjadi industri rumahan yang dapat mendorong pendapatan masyarakat.

Dengan pengelolaan minyak kelapa menjadi Industri rumahan ini, Nelson Pomalingo berharap kelapa di Gorontalo dapat dimanfaatkan secara optimal.

“kita berharap produk kelapa kita optimal penggunaannya. Kemudian ini harus menyebar keseluruh wilayah Kabupaten Gorontalo. Selanjutnya kita berharap pasarnya yang perlu dibina karena pasar ini yang menentukan keberlanjutannya, dan kita juga sangat berharap ini akan mengurangi kemiskinan dan pengangguran di Kabupaten Gorontalo,” harap Nelson.

Sebagai fasilitator, Bappenas RI melalui Direktur Daerah Tertinggal, Transmigrasi dan Pedesaan Sumedi Andono Mulyo menyampaikan, kedepan pihaknya akan melakukan kerjasama dengan pihak pemasaran, agar produk olahan kelapa dapat dijual bukan hanya di Indonesia tetapi juga di luar negeri.

“Produk olahan kelapa kami akan pasarkan tidak hanya di gorontalo ataupun Indonesia tetapi juga bisa dipasarkan ke luar negeri. Dengan kegiatan ini merupakan langkah maju menuju masyarakat maju,” jelas Sumedi Andono Mulyo.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan mesin-mesin pengolahan minyak kelapa dari Bappenas RI kepada Pemerintah Kabupaten Gorontalo.

Kegiatan turut dihadiri Dinas Perindustrian, Perdagangan (Disperindag) Dinas Koperasi dan beberapa IKM di Kabupaten Gorontalo serta IKM Tunas Sejahtera.

Laporan : Najid Lasale
Editor : Bayu Supratna

Komentar

Berikan Komentar Anda