oleh

Launching SIGAP, Akhirnya Bonebol Miliki Sistem Kemananan Berbasis Online

LINTAS BONEBOL (LIGO) – Asisten III Bidang Administrasi Setda Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) Syarifudin Uloli didampingi Wakapolres Bonebol Kompol Herry Van Gobel dan Camat Tilongkabila Marten Hunawa melakukan peluncuran (launching) sebuah Aplikasi Sistem Informasi Gangguan Keamanan yang Responsif (SIGAP) Tilongkabila.

Peluncuran Aplikasi SIGAP yang dirangkaikan dengan pengukuhan satuan tugas (Satgas) SIGAP Tilongkabila itu, berlangsung di Gallery Produk Unggulan Bonebol dan Pinogu Coffee Shop, Kamis (15/11).

Asisten III Syarifudin Uloli dalam sambutannya, atas nama Pemerintah Daerah menyambut baik dan sangat mendukung keberadaan Aplikasi SIGAP berbasis Android itu. Apalagi ke depan, Bonebol pasti semakin ramai dengan hadirnya Universitas Negeri Gorontalo (UNG) di Kecamatan Tilongkabila. Tentu kita tidak bisa pungkiri bakal ada gangguan keamanan dan ketertiban yang bisa saja terjadi, karena adanya interaksi antar pendatang dan juga masyarakat setempat.

Diharapkan dengan adanya Aplikasi ini, masyarakat bisa berpartisipasi untuk melaporkan kepada pihak keamanan maupun aparat yang berwenang bila ada kegiatan yang mengarah pada hal-hal yang tidak diinginkan bersama. Sehingga kejadian yang kita tidak harapkan segera terantisipasi sedini mungkin.

“Saya harapkan Aplikasi ini bisa berjalan dengan baik, karena sangat membantu di bidang keamanan. Apalagi sudah dibentuk Satgas SIGAP yang akan membantu dalam mensosialisasikan aplikasi yang bisa didownload atau diunduh di Play Store dengan nama aplikasi SIGAP TILONGKABILA Kab. Bone Bolango itu,”tandas Syarifudin Uloli yang didampingi Camat Tilongkabila Marten Hunawa.

Sementara itu, Wakapolres Bonebol Kompol Herry Van Gobel menambahkan, tentu pihak Kepolisian sangat mengapresiasi inovasi yang digagas oleh Kasie Trantib Kecamatan Tilongkabila Nurnaningsih Laisa.

”Ini merupakan ide yang sangat kreatif dan inovatif. Apalagi ini tujuannya untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif,” ungkapnya.

Asisten III Syarifudin Uloli didampingi Wakapolres Bonebol Kompol Herry Van Gobel dan Camat Tilongkabila Marten Hunawa melakukan peluncuran aplikasi SIGAP Tilongkabila, di Gallery Produk Unggulan Bonebol dan Pinogu Coffee Shop, Kamis (15/11). (F.AKP)

Olehnya itu, Herry Van Gobel berharap Aplikasi SIGAP tersebut benar-benar bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan, bukan saja di Kecamatan Tilongkabila. Mungkin kedepannya jika penerapan aplikasi ini sukses di Tilongkabila, bisa diadopsi oleh oleh Kabupaten.

“Sekali lagi kami dari Kepolisian sangat berterima kasih, karena ini bisa menjadi mata dan telinga pihak keamanan yang ada di desa dan masyarakat untuk bisa memberikan informasi secara cepat dan tepat. Karena Aplikasi ini bukan saja terkoneksi dengan pihak Kepolisian, tapi juga dengan Satpol PP, Damkar, BPBD dan sebagainya. Ini sangat luar biasa,” ujar Herry Van Gobel.

 Laporan: Hms/AKP/Mirna Ahaya
Editor: Gilang

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini