oleh

Lepas 102 Jamaah Calon Haji Bonebolango Kloter 25, Ini Pesan Bupati Hamim Pou

LINTAS BONEBOL (LIGO) – Sebanyak 102 Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Bone Bolango yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 25 resmi diberangkatkan. Pemberangkatan jamaah calon haji Kloter 25 itu, dilepas secara resmi Bupati Bonebolango Hamim Pou, di Masjid Baitul Haq Islamic Center Bonebol, Ahad (5/8/2018) pagi.

Setelah prosesi pelepasan oleh Bupati Hamim Pou yang turut dihadiri Ketua TP. PKK Lolly Hamim Pou, Sekda Ishak Ntoma, para Asisten, Tim Kerja Bupati, Staf Ahli Bupati, dan pimpinan OPD, ratusan JCH Bonebolango tersebut selanjutnya diberangkatkan menggunakan bus yang difasilitasi Pemkab Bonebolabgo menuju ke Asrama Haji Provinsi Gorontalo.

Bupati Bonebol Hamim Pou mengatakan, acara pemberangkatan calon jamaah haji ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap pemerintah daerah dan Kantor Kemenag Bonebolango.

“Selaku pemerintah daerah kami berkewajiban sungguh-sungguh untuk melayani para JCH dengan baik, mulai dari mereka mendaftar, berangkat dan Insya Allah kembali ke tanah air,” kata Hamim Pou.

Hamim pun bersyukur, dari tahun ke tahun jumlah JCH Bonebolango terus bertambah dan mengalami peningkatan. Walaupun masih ada beberapa desa atau kecamatan belum ada jamaah hajinya. Seperti tahun ini Kecamatan Pinogu belum ada yang naik haji. Mungkin tahun-tahun sebelumnya ada. Kemudian Kecamatan Bone, Kecamatan Bone Raya, dan Bone Pantai.

“Bisa jadi ada warga di kecamatan-kecamatan tersebut naik haji tahun ini, namun tidak terdaftar di Bonebolango, tapi misalnya terdaftar di Kota Gorontalo maupun Kabupaten Gorontalo,” ujar Hamim Pou.

Dia pun berharap kedepan jumlah jamaah haji Bonebolango dari tahun ke tahun makin meningkat. Hamim melanjutkan, untuk pendampingan terhadap para JCH Bonebol tahun ini dari Pemkab Bonebolango, yakni pak Sekretaris Daerah (Sekda) Ishak Ntoma selaku TPHD yang akan memimpin langsung JCH Bonebolango, juga dari tim Kemenag dan tim kesehatan haji.

Hamim mengimbau kepada JCH Bonebol, tentu sebagai tamu Allah agar berserah diri sepenuhnya kepada Allah (tawakal). Kemudian, menjaga kesehatan, saling berkomunikasi dan berkoordinasi serta konsentrasi hanya semata-mata beribadah kepada Allah SWT.

Pemberangkatan JCH Bonebolango (foto: hms).

Sebelumnya Kepala Kemenag Bonebolango Suleman Tongkonoo menjelaskan keadaan JCH Bonebol tahun 2018. Dia menyebutkan bahwa jumlah total JCH Bonebol sebanyak 137 orang, terdiri dari jamaah berusia 50 tahun ke atas sebanyak 94 orang, usia 50 tahun ke bawah 43 orang. Kemudian jamaah laki-laki sebanyak 47 orang dan jamaah perempuan sebanyak 90 orang.

”JCH Bonebol ini terbagi menjadi dua Kloter, yakni Kloter 25 berjumlah 102 jamaah, dan Kloter 29 berjumlah 35 jamah. Untuk Kloter 29, itu akan diberangkatkan secara resmi oleh Pemkab Bonebolango dan Kemenag Bonebolango pada tanggal 8 Agustus 2018,” jelas Suleman Tongkonoo.

Laporan : Mirnawaty Ahaya/Hms Kadir
Editor : Syahrir S.

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini