oleh

Lestarikan Lingkungan, DLH Kabgor Rencanakan Model Hutan Serba Guna

LINTAS KABGOR (LIGO) – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gorontalo lakukan Perjanjian Kerja Sama dengan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Bone Bolango tentang Pembangunan Model Hutan Serba Guna Pada Lahan Pemerintah Kabupaten Gorontalo, Rabu (02/01/19). Ruang Madani Kantor Bupati Gorontalo.

Penandatanganan Kerja Sama tersebut disaksikan langsung oleh Bupati Nelson Pomalingo dan Sekretaris Daerah Ir. Hadijah U Tayeb.

Kepala DLH Kabupaten Gorontalo, Syaiful Kiraman mengatakan, Perjanjian Kerja Sama ini untuk mendorong pelestarian lingkungan di Kabupaten Gorontalo.

“Salah satu yang Kita lakukan untuk Pelestarian Lingkungan adalah dengan menjamin ketersediaan Bibit Tanaman Pohon bagi Masyarakat. Yang Kita siapkan adalah Bibit Pohon yang memiliki Azas manfaat lebih bagi Masyarakat,” ujar Syaiful Kiraman.

Lanjut Syaiful menjelaskan pada Kerja Sama tersebut antara DLH Kabupaten Gorontalo dan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutang Lindung memiliki tugas masing-masing.

“Mereka bertanggung jawab dari ketersediaan Bibit, sementara Kami lebih pada Azas Manfaat tanaman yang dibutuhkan oleh Masyarakat,” jelas Syaiful.

Pemerintah Kabupaten Gorontalo bersama Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Bone Bolango. (foto: hms/irfan)

Lebih lanjut Syaiful menjelaskan, salah satu Tanaman Bibit yang memiliki Azas Manfaat yang akan didorongnya ke depan adalah Tanaman Sukun atau yang sering dikenal dengan sebutan ‘Amo’, hal ini dinilai karena selain untuk melestarikan lingkungan Buah Sukun juga memiliki Azas Manfaat, buahnya yang bisa dimakan.

“Kami berharap dengan membudidayakan tanaman yang memiliki Azas Manfaat tersebut, Masyarakat akan semakin terdorong untuk melestarikan lingkungan sekitarnya,” harap Syaiful Kiraman.

Laporan: Najid Lasale
Editor: Syahrir

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini