oleh

Lewat Bimtek, Pemda Tingkatkan Kapasitas Dan Kualitas Aparatur Desa

LINTAS KABGOR (LIGO) – Dalam Rangka Meningkatkan Kapasitas Pengawasan Aparatur Desa dalam Pengelolaan, Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD), Pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui Dinas Pemberdayaan Desa menggelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa Tahun 2019, yang di ikuti oleh Kelapa Desa, Lurah dan Badan Permusyawatan Desa (BPD) di Grand Emerald Hotel Redtop, Jakarta, Senin (18/03).

Kegiatan dibuka langsung Bupati Prof. Nelson Pomalingo yang turut didampingi Asissten I Drs. Selmin Papeo, Kepala Dinas PMD Drs. Nawir Tondako, Kepala Bagian Tapem serta sejumlah Camat.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo dalam kesempatan itu mengatakan bahwa Bimtek kali ini adalah kesempatan untuk menyamakan persepsi antara Kepala Desa dan BPD.

“Hubungan yang ada di Kantor Desa dan BPD selam ini sering terdengar kurang harmonis apalagi terkait dengan Dana Desa, makanya dengan Bimtek kali ini selain diberi pembekalan materi juga kami memberi mereka kesempatan untuk berdiskusi menyamakan persepsi agar hubungan mereka harmonis dalam hal kepentingan Desa juga,”ujar Bupati Nelson Pomalingo.

Ia juga mengungkapkan, dengan dilaksanakannya Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa, diinginkan agar ada sinergitas antara BPD dengan Kepala Desa untuk Meningkatkan Pengawasan  Aparatur Desa dalam Pengelolaan Anggaran Desa yang dari tahun ke tahun terus meningkat.

Nelson menginginkan, untuk Membangun Desa, sekiranya mengedepankan Pemberdayaan Masyarakat Desa. Maka Kades dan BPD harus membuat perubahan dimulai dari tingkat bawah sebagai corong pembangunan

“Selama ini, Pemkab Gorontalo terus mendorong perubahan dari bawah, Ini dalam rangka memberikan semangat Aparat Desa agar sinergi dari bawah dan wujud percepatan perubahan cepat nampak,”terang Bupati dari Partai PPP ini.

Lebih lanjut, Bupati Nelson Pomalingo meminta dalam Pengelolaaan Dana Desa, Kades dan BPD selalu membuat Laporan. dengan Laporan, akan terlihat progres dan hasil serta dapat membuat target- target capaian kedepannya.

“Saya berharap setelah Bimtek ini agar menyatukan presepsi dan semangat untuk  bersinergi guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dalam Pengelolaan Dana Desa,”tutup Nelson

Laporan : Yysirab/Hms
Editor : Bayu Supratna

Komentar

Berikan Komentar Anda