oleh

Lewat Pelatihan Kepariwisataan, Kadispar Nancy Lahay Dorong Usaha Homestay

LINTAS PARIWISATA (LIGO) – Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Dr. Ir. Nancy Lahay MP. mendorong pengelolaan jasa akomodasi Homestay di Desa Wisata agar dikelola secara maksimal. Menurutnya, homestay adalah salah satu bisnis yang memiliki potensi besar dalam mendorong perekonomian masyarakat.

“Kita ketahui bahwa Homestay di Gorontalo masih amat sedikit dan usaha ini belum banyak diminati. Masyarakat belum begitu melirik,” ungkap Nancy saat membuka kegiatan pelatihan dasar SDM kepariwisataan pengelolaan homestay, Selasa (17/07/2018) di Ballroom TC Damhil UNG.

Masih minimnya minat masyarakat dengan usaha ini sangat disayangkan, padahal usaha homestay sendiri mudah dan tidak membutuhkan modal seperti layaknya membangun hotel. Hanya cukup rumah yang memiliki kamar lebih, maka sudah bisa dijadikan Homestay.

Nancy juga mengungkapkan bahwa Homestay memiliki keunggulan tersendiri dibanding penginapan lainnya.

“Homestay itu tidak ribet, tidak membutuhkan modal besar seperti membangun hotel atau penginapan lainnya,” tukas Nancy.

“Soal homestay ini, banyak kelebihanya. Pertama homestay itu unik. Kedua ada rasa kekeluargaan, dikarenakan pemilik homestay akan sering melakukan aktivitas di rumah tersebut seperti membereskan rumah, bersih-bersih, menyediakan sarapan dan sebagainya. Ketiga murah tapi tidak mengecewakan kualitasnya. Dan keempat, wisatawan akan lebih mudah mempelajari adat dan kebiasaan di daerah,” tambahnya.

Kegiatan Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan Pengelolaan Homestay yang berlangsung di Ballroom Hotel TC Damhil UNG itu, dihadiri Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota, Mahasiswa UNG dan UMGO Jurusan Pariwisata, Siswa SMK Jurusan Pariwisata se-Provinsi Gorontalo, Genpi serta pengelola industri kepariwisataan.

Laporan : Mirnawaty Ahaya
Editor : Ang

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini