oleh

LLDIKTI: Unisan Gorontalo Kini Berstatus “Binaan”

LINTAS PERISTIWA (LIGO) – Salah satu Perguruan Tinggi Swasta ternama di Provinsi Gorontalo, Universitas Ichsan Gorontalo (Unisan) yang sebelumnya Terakreditasi B, kini berubah menjadi status Pembinaan.

Kabar tersebut telah beredar luas di masyarakat Provinsi Gorontalo. Kepada lintasgorontalo.com, sejumlah mahasiswa aktif mengaku khawatir dengan turunnya status Unisan, dari Akreditasi B menjadi status Binaan. Hal sama juga disampaikan Calon Mahasiswa Baru Unisan Tahun 2019 yang telah mendaftarkan dirinya di Unisan. Mereka sangat menyayangkan status Pembinaan tersebut, padahal mereka mengaku memilih Unisan sebagai tujuan melanjutkan pendidikan karena Unisan telah Terakreditasi B, baik Institusi-nya maupun seluruh program studi-nya.

Ketika dikonfirmasi kepada pihak Kampus Unisan soal kebenaran status Pembinaan tersebut, salah satu Dosen yang tidak ingin disebutkan namanya menyampaikan bahwa benar status Kampus Unisan kini telah ber-status Pembinaan lantaran ada temuan Plagiat (Proposal/Skripsi) yang melibatkan oknum Dosen dan Mahasiswa.

“Tidak bisa dipungkiri, praktek Plagiat ini ada di setiap Kampus. Hanya apesnya di Unisan ditemukan praktek Plagiat ini,” ungkap salah satu Dosen Unisan, Jum’at (12/07).

Sementara itu, Rektor Universitas Ichsan Gorontalo, Dr. Gaffar Latjokke berulang kali dihubungi baik via Telepon dan WhatsApp untuk mengkonfimasi soal kabar status Unisan itu, tidak memberikan respon.

Sebelumnya, Ketua L2DIKTI Prof. Jasruddin ketika dihubungi via Telepon guna mengkonfirmasi soal Status Unisan yang telah menjadi Status Pembinaan, dirinya membenarkan soal kabar tersebut, bahwa benar Unisan telah ber-status Pembinaan.

“Untuk sementara status Unisan menjadi Binaan, namun Status tersebut dapat dicabut setelah pihak Kampus Unisan melengkapi Administrasi yang dimintakan Kemenristek Dikti untuk mengecek Proposal dan Skripsi yang di duga hasil Plagiat,” ucap Prof Jasrudin Via Telepon. Kamis (12/07).

Status dalam PDPT Kampus Universitas Ichsan Gorontalo.

Pernyataan Ketua L2DIKTI yang membenarkan status Pembinaan tersebut juga mendapat tanggapan dari Wakil Rektor III Unisan Bagian Kemahasiswaan. Ryza Merdiyansah. Ryza membenarkan pernyataan Ketua L2DIKTI yang membenarkan status Pembinaan tersebut.

“Yang diungkapkan oleh Prof. Jas itu benar. Tapi isu yang beredar diluar banyak mengandung isu HOAX dan Provokasi. Citizen Journalism juga akan memberikan beberapa versi.” ungkap Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan. (B01).

Editor: Uki

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini