oleh

LPJ Marten Diterima, Mikdad Yesser Pimpin DPD KNPI Gorontalo Utara

GORUT – Bertepatan dengan Hari Pemuda yang ke 91, Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Gorontalo Utara menggelar Musyawarah Daerah ke III. Acara yang di buka oleh Bupati Gorontalo Utara DR. Indra Yassin ini digelar di Aula Gerbang Emas, Senin (28/10), diikuti oleh Pimpinan Kecamatan KNPI se Kabupaten Gorontalo Utara, Majelis Pemuda Indonesia, DPD KNPI Propinsi Gorontalo, OKP/OKPI dan Organisasi Sayap Parpol se Kabupaten Gorontalo Utara.

Marten Biki, SH, Ketua DPD KNPI Kabupaten Gorontalo Utara, dalam Laporan Pertanggungjawabannya yang dibacakan pada sidang Pleno Musyawarah Daerah III KNPI Gorontalo menguraikan tentang kegiatan yang dilakukan oleh KNPI dimasa kepemimpinannnya. Sederet Prestasi yang di torehkan oleh KNPI Gorut ini diharapkan bisa di lanjutkan serta di kembangkan oleh Pengurus baru nanti, minimalnya hal ini bisa dipertahankan.

“Saya mengharapkan, siapapun yang memimpin DPD KNPI Gorontalo Utara periode 2019-2022 hasil Musda ini, dapat melanjutkan apa yang telah kami lakukan selama masa kepengurusan ini. Ciptakan Harmonisasi dalam rangka mensinergikan Aksi kita menuju pemuda yang Mandiri dan Berdikari, sebagaimana motto Musda III DPD KNPI ini, yakni “Harmonisasi dan Sinergi Aksi, Menuju Pemuda Berdikari” kata alumni Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia ini dengan penuh semangat.

LPJ Marbik (sapaan akrab Marten Biki, red) ini diterima oleh seluruh peserta Musyawarah Daerah III DPD KNPI Gorontalo Utara tanpa catatan apapun. Di akhir Pleno, Marten men-Demisioner Kepengurusan DPD KNPI Kabupaten Gorontalo Utara periode 2016-2019.

Selanjutnya, sidang Musyawarah Daerah III DPD KNPI Kabupaten Gorontalo Utara yang di pimpin oleh Mohamad Safitra Rahim dari unsur OKP, memberikan kesempatan kepada Starring Comitte (SC) untuk membacakan  Keputusannya tentang nama-nama bakal calon Ketua DPD KNPI Kabupaten Gorontalo Utara yang telah mendaftarkan diri melalui Panitia Pelaksana untuk di tetapkan sebagai Calon Ketua DPD KNPI yang selanjutnya akan dipilih  melalui sidang pleno berikutnya.

Setelah mencermati dan melakukan penelitian berkas para bakal calon melalui berita acara yang di sodorkan oleh Panitia Pelaksana, berdasarkan Tata Cara Pemilihan Ketua DPD KNPI Kabupaten Gorontalo Utara, dari enam orang bakal calon ketua yang mendaftar, Sterring Comittee menetapkan lima bakal Calon Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dan hanya satu orang yang memenuhi syarat (MS)

Sebagaimana diatur dalam Tata Cara Pemilihan Ketua DPD II KNPI Kabupaten Gorontalo Utara, dari enam bakal calon yang mendaftar, lima diantaranya Tidak Memenuhi Syarat (TMS) karena tidak menyertakan Surat Dukungan minimal 3 Pimpinan Kecamatan KNPI dan sekurang-kurangnya 6 OKP/OKPI sekabupaten Gorontalo Utara, yaitu :

  1. Marten Biki
  2. Adias Budi Arif
  3. Sri Rahayu Dali
  4. Inggrid Lutfia
  5. Effendi Dali

“Yang dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) adalah Mikdad Yasser dengan mengantongi surat dukungan dari 9 Pimpinan Kecamatan KNPI dan 18 OKP/OKPI se Kabupaten Gorontalo Utara. Maka dengan ini Sterring Committee menetapkan, Mikdad Yasser sebagai Calon Ketua DPD KNPI Kabupaten Gorontalo Utara Periode 2019-2022, untuk selanjutnya dipilih melalui proses sidang Pleno Musyawarah Daerah III KNPI Kabupaten Gorontalo Utara,” kata Iskandar Uno,Unsur DPD KNPI Provinsi Gorontalo, mewakili Sterring Comittee.

Ketua Terpilih KNPI Gorontalo Utara, Mikdad Yesser (kanan)

Setelah melalui kesepakatan peserta Musda, proses pemilihan Ketua DPD KNPI Kabupaten Gorontalo Utara dilakukan secara aklamasi.

“Berhubung Calon Ketua yang dinyatakan memenuhi syarat hanya satu orang dan sesuai kesepakatan kita semua bahwa proses pemilihan dilakukan  secara aklamasi, maka dengan ini selaku pimpinan Sidang saya menanyakan kepada saudara-saudara, apakah saudara-saudara “Setuju” Mikdad Yesser dipilih dan ditetapkan menjadi Ketua DPD KNPI Kabupaten Gorontalo Utara periode 2019-2022???” seru Pimpinan Sidang, Mohamad Safitra Rahim yang di sahuti oleh peserta Musda dengan kata “Setuju” sambil mengepalkan tangan.

Jawaban yang disertai selebrasi dari pendukung Mikdad Yasser ini sempat mewarnai proses jalannya sidang pleno Pemilihan Ketua DPD KNPI Gorontalo Utara. Euforia kemenanganpun tak dapat dibendung terutama datangnya dari kubu pendukung Ketua Terpilih Mikdad Yasser.

Ketua DPD KNPI Provinsi Gorontalo saat menutup Acara Musda III DPD KNPI Kabupaten Gorontalo Utara.

Akhirnya Musyawarah Daerah III DPD KNPI Kabupten Gorontalo Utara menetapkan Mikdad Yasser sebagai Ketua DPD KNPI Kabupaten Gorontalo Utara Periode 2019-2022. Musyawarah Daerah III kali ini juga merekomendasikan bahwa kepemimpinan Yasser berafiliasi pada DPD KNPI Propinsi Gorontalo dibawah kepemimpinan Ghalib Lahidjun, SE. Selanjutnya  Sidang Musyawarah di tutup oleh Pimpinan Sidang, Mohamad Safitra Rahim didampingi pimpinan sidang lainnya.

Secara keseluruhan rangkaian acara Musda III KNPI berjalan dengan aman dan tertib dan  ditutup oleh Ketua KNPI Provinsi Gorontalo, Ghalib Lahidjun. (*F01).

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini