oleh

MAD Kabila Gelar Sosialisasi Program Inovasi Desa

LINTAS BONEBOL (LIGO) – Musyawarah Antar Desa (MAD) se-Kecamatan Kabila melaksanakan sosialisasi program inovasi desa. Kegiatan tersebut, dibuka secara resmi Camat Kabila Udin Kuku, di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kecamatan Kabila, Jumat (27/7).

Camat Kabila Udin Kuku mengatakan, program inovasi desa dan pengelolaan pengetahuan desa memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif. Selain itu, sebagai bentuk dukungan kepada desa-desa agar lebih efektif dalam menyusun penggunaan dana desa, sebagai investasi yang mendorong peningkatan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat.

Lewat program inovasi desa ini, kata Udin Kuku, akan disediakan dana operasional kegiatan (DOK) inovasi dan pengelolaan pengetahuan yang dialokasi untuk setiap kecamatan lokasi program. Program Inovasi Desa muncul bersinergi antara sumber daya manusia dan potensi sumber daya alam di desa yang dikelola untuk meningkatkan sumber pendapatan keluarga atau desa.

“Program Inovasi Desa hadir dalam rangka memancing masyarakat untuk berinovasi, melakukan hal-hal baru dan terbarukan yang belum ada menjadi ada. Kemudian dibawa ke bursa inovasi desa dan bermuara di APBDes 2019,” ungkap Udin Kuku.

Sementara itu, pelaksanaan Musyawarah Antar Desa (MAD) itu untuk membentuk pengurus TPID. Musywarah dihadiri oleh setiap desa di Kecamatan Kabila, diwakili oleh 6 peserta terdiri atas Kepala Desa, BPD, tokoh masyarakat, kader kesehatan, pendidik, dan pengurus BUMDes.

Kegiatan itu, difasilitasi oleh Pendamping Desa dan PLD dengan pemateri dari Tenaga Ahli Pendamping Desa (TAPD) Kabupaten Bonebol.

Laporan : Najid Lasale/Hms Kadir
Editor : Nasrun A.H

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini