oleh

Majukan Pariwisata Gorontalo, Ini Pesan Kadis Pariwisata Nancy Lahay Kepada Pokdarwis Dan GenPI

LINTAS PARIWISATA (LIGO) – Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Dr. Ir. Nancy Lahay MP. mengajak Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Generasi Pesona Indonesia (Genpi) untuk mempromosikan pariwisata Gorontalo secara maksimal, ikhlas dan kreatif.

Ini disampaikan Nancy disela-sela kegiatan Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan Bagi Guru SMK dan SMA Se-Provinsi Gorontalo, Selasa (07/08/2018) di Hotel TC Damhil UNG. Pada kesempatan itu, Kadis Pariwisata Nancy Lahay didampingi langsung Kabid Promosi Pemasaran Sila Botutihe dan Kabid Ekonomi Kreatif Nurlaela Ningsi Musa.

“Pokdarwis ini dari awal saya sampaikan, bekerjalah dengan sungguh-sungguh dan ikhlas, jangan bekerja setelah ada uang, karena uang akan didapat dari kesungguhan dalam bekerja. Uang akan mengikuti kita ketika kita bekerja dengan bagus. Saya selalu memotifasi mereka,” ungkap Nancy.

“Pokdarwis ini memiliki peran penting dalam mempromosikan pariwisata Gorontalo. Tapi untuk menunjang eksistensi mereka di lapangan, mereka bisa membuat usaha sendiri yang dapat mendatangkan uang. Nah dari situlah kelompok ini bisa lebih berkembang dan eksis lagi. Kami pemerintah membentuk kelompok ini, selanjutnya mendorong agar mereka bisa lebih mandiri dengan usaha yang mereka ciptakan, seperti jualan nasi kuning, kue tradisional, ole-ole Gorontalo atau kue yang kekinian dengan variasi beramacam-macam. Pasti pengunjung akan betah dan tertarik untuk berkunjung lagi,” tambah Nancy.

Sama halnya dengan Kelompok Sadar Wisata. Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Provinsi Gorontalo memiliki peran penting dalam mempromosikan dan memasarkan pariwisata Gorontalo. Bahkan Genpi sendiri akan mendapatkan dana sekitar 100 juta dari Genpi nasional yang kemudian dikelola Genpi Provinsi Gorontalo. Bantuan anggaran ini diperuntukan untuk menunjang eksistensi Genpi saat menjalankan pasar destinasi digital yang nantinya mereka kelola.

“Genpi ini sesui penyampaian dari Genpi pusat akan dapat bantuan 100 juta, tapi harus memasukan proposal terlebih dahulu. Bantuan ini dari Kementerian langsung, bukan dari Dinas Pariwisata” tutur Nancy.

“Mereka ada program yang namanya pasar destinasi digital. Melalui wadah itu nanti Genpi akan mempromosikan semua yang ada di Gorontalo, seperti pertunjukan seni tradisional. Misalnya tarian daerah, permainan tradisional, juga budaya dan musik dari anak-anak muda,” sambung Nancy.

Kepala Bidang Promosi Pariwisata Provinsi Gorontalo Sila Botutihe

Sementara itu, Kepala Bidang Promosi Pariwisata Provinsi Gorontalo Sila Botutihe yang mendampingi Kadis Nancy Lahay pada kesempatan itu menyampaikan, Pokdarwis maupun Genpi adalah komunitas yang memiliki visi dan misi sama, yakni memasarkan, menjaga, mengembangkan dan mempromosikan pariwisata Gorontalo.

“Pokdarwis dan Genpi adalah komunitas yang di dukung Dinas Pariwisata. Punya visi dan misi yang sama dengan Dispar. Kita harus ingat bahwa saat ini pariwisata seperti yang ibu Kepala Dinas Pariwisata sampaikan, sudah menjadi kebutuhan primer oleh semua orang,”  terang Sila Botutihe.

Laporan : Najid Lasale
Editor : Ang

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini