oleh

Maksimalkan Pelaksanaan Pemilu, Bawaslu Gelar Simulasi

LINTAS GORONTALO (LIGO) – Bawaslu Provinsi Gorontalo melaksanakan Simulasi Pemungutan-Hitung Suara pada Pemilu nanti, yang diikitu seluruh Staf Bawaslu, bertempat di depan Kantor Bawaslu, Kepada Lintasgorontalo.com Idris Usuli selaku Komisioner Bawaslu mengatakan bahwa Simulasi dilaksanakan untuk mencegah terjadinya kesulitan-kesulitan yang nantinya mungkin terjadi, serta mengantisipasi kecurangan. Rabu (13/03).

“Apa yang kita lakukan ini dalam rangka mencegah kesulitan-kesulitan yang akan terjadi dipemungutan suara nanti, karena itu kami melibatkan seluruh Staf Bawaslu Provinsi Gorontalo untuk turun ke lapangan melakukan pengamatan seluruh tahapan pelaksanaan pencoblosan di TPS nanti,”ungkap Idris.

Mengenai TPS rawan, Idris Usuli menjelaskan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan KPU. Dan akan memastikan apakah TPS itu sudah sesuai dengan ketentuan.

“Untuk TPS rawan, ini akan dimusyawarakan dengan KPU. Maka saat akan ditetapkannya dimanaTPS-TPS ini kami juga akan turun lapangan dan memastikan apakah TPS itu sudah sesuai dengan apa yang kami harapkan,”terang Idris.

“TPS ini pertama akan menyesuaikan dengan jumlah pemilih. Dimana ada jumlah pemilih terbanyak maka diusahakan ada TPS disitu. Kemudian kami juga akan memastikan bahwa tempat ini tidak rawan bencana seperti banjir dan rawan longsor. Dan TPS ini harus mudah diakses oleh disabilitas, orang tua dan orang sakit,”sambungan Idris.

Selain itu, untuk TPS tambahan Idris mengaku akan dibicarakan lagi dengan KPU, karena yang menentukan jumlah TPS ini adalah KPU sehingganya Bawaslu sendiri hanya memastikan apakah TPS itu tidak kelebihan pemilih dan jika kelebihan akan dibangun TPS tambahan.

“Kemudian untuk TPS tambahan ini akan kami koordinasikan dengan KPU,”terang Idris.

Laporan : Mirnawaty Ahaya
Editor : Ang

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini