oleh

Masa Depan Generasi Milenial

LINTAS OPINI (LIGO) – Tahun ini Indonesia memiliki 181 Juta Penduduk Usia Produktif 15 – 64 Tahun, hampir enam kali Penduduk Malaysia, pada 100 Tahun Indonesia Merdeka jumlahnya diperkirakan mencapai 208 Juta Jiwa. Itu jadi Modal Besar Pembangunan yang jadi pemicu menjadikan Indonesia Negara Kaya. Dari semua Penduduk Usia Produktif itu,  separuhnya ialah Generasi Milenial yang lahir antara Tahun 1980 dan 2000, Mereka adalah Generasi yang unik, yang lahir dan tumbuh di tengah perubahan situasi Politik, Sosial Ekonomi serta berkembangnya Internet .

Tentu dengan situasi dan zaman ini, Dunia terasa dekat, berbagai Etnis, Suku, Bangsa hingga budaya akan terkoneksi dengan cepat. Perkembangan di suatu Negara pun, dengan kemudahan informasi bisa di akses oleh siapa saja.

Belum lagi tiap Generasi mempunyai Tipe yang berbeda dengan Generasi sebelumnya, yaitu Generasi X cenderung Pragmatis, Generasi Baby Boomers yang cenderung Skeptis terhadap lingkungannya.

Generasi Milenial mempunyai beberapa Karakter Khusus diantaranya, Mereka Kelompok yang Realistis, Disiplin, mementingkan Prestasi Kerja, penuh Keinginan, memiliki Kepercayaan Diri yang baik, sering memanfaatkan Teknologi sebagai Alat dalam melaksanakan aktivitasnya, sering Tampil Berbeda dan mereka Suka Perbedaan dan memiliki Toleransi Yang Baik.

Mereka juga Pekerja Keras, sehingga terkadang Tempat Kerja merupakan Rumah Kedua, berekspetasi yang tinggi, sehingga memicu Semangat dan Andrenalinnya dalam menggapai mimpi dan Cita-citanya. Generasi Ini juga cenderung bertanya dan meminta Kritik serta Saran untuk kemajuannya. Maka Mereka dapat mengevaluasi dan mengakumulasi kesalahan, dan maju beberapa langkah untuk tidak gagal, sehingga Sukses pun akan segera hadir di depan matanya.

Generasi Ini diprediksi akan dapat menguasai Semua Lini, masa depan Indonesia Emas 2045 akan ditentukan oleh arah dan pergerakan Kelompok Ini, perilaku Mereka yang khas, mengubah landscape Ekonomi Sosial dan Politik. Namun, ruang gerak dan cara pandang Mereka harus dikawal dan dioptimalkan, maka Indonesia akan tercipta Keemasannya.

Oleh: Nurhadi Taha
Ketua KNPI Kota Gorontalo

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini