oleh

Masuki Tahun Ke 4, Nelson Evaluasi RPJMD Kabgor dan Masalah Pembangunan Daerah

LINTAS KABGOR (LIGO) – Sejak awal Nelson Pomalingo menjabat sebagai Bupati Gorontalo, Dirinya telah merealisasikan Pembangunan yang sangat signifikan di Kabupaten Gorontalo. Rencana Pembangunan tersebut telah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) selama 5 Tahun.

Akan tetapi kata Nelson, karena adanya perkembangan yang ada di Tingkat Provinsi maupun juga Regulasi-Regulasi yang ada, dan dinamika Kabupaten Gorontalo maka dilakukan perubahan.

“Perubahan itu memang dilakukan pertengahan perjalanan karena ada yang sudah melampaui target dan ada yang belum, dan ini yang harus Kita cek serta Evaluasi, dan Alhamdulillah tadi sudah terumuskan dan Kita berikan kepada DPRD karena harus di-Perda-kan kembali” ujar Nelson, Jum ‘at (04/01) usai lakukan Evaluasi Review RPJMD.

Lanjut Nelson Pomalingo, Itu semua termasuk Perencanaan dari indikatornya sampai dengan Apa yang harus dilakukan dan target yang perlu dicapai dari semua OPD yang ada.

“Kita sudah masuki tahun ke-4 Pemerintahan Saya, maka Kita sudah melampaui pertengahan perjalanan ini. sehingga Saya sudah menyampaikan kalau Tahun Pertama itu Kerangka Dasar, Tahun Kedua Peningkatan apa yang Kita buat, Tahun Ketiga adalah Pemantapan dan sekarang Saya telah evaluasi sudah mantap walaupun masih ada beberapa yang kurang tapi minimal 90 % sudah bagus, dan yang Ke Empat Saya ingin ada namanya Pelampauan,  yang sudah mantap ini dilampaui lagi” terang Nelson.

Rapat Evaluasi Review RPJMD. (foto: hms/riri)

Pada akhir masa jabatannya Nelson ingin adanya Penuntasan, Penuntasan menurutnya itu dalam rangka RPJMD bukan menuntaskan semua Orang Miskin, tapi berdasarkan Target. Dan itu nanti yang akan dinilai oleh Rakyat dan dinilai oleh DPRD, benarkah RPJMD yang di buat sudah memenuhi Harapan yang ingin dicapai.

“Sehingga untuk Tahun 2019 Pelampauan itu berarti gaya Kita di dalam bekerja harus lebih cepat, karena namanya Melampaui, kalau Melampaui masih kurang harus perlu di genjot-genjot sampai Dia melampaui kalau yang sudah melampaui tinggal di dorong sedikit Dia sudah berkembang baik” jelas Nelson.

Sementara itu menurut Nelson sesuai targetnya untuk menurunkan Angka Kemiskinan adalah rata-rata 1 % tiap Tahun, sehingga dari 19,8 % Minimal 1 % yaitu 19 kalau di dapat di bawah 19 %.

“Itulah yang di lihat dan intervensi Kita kepada seluruh OPD yang ada,” pungkas Nelson.

Laporan: Pertiwi Sudirman
Editor: Najid Lasale

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini