oleh

Menggapai Keadilan Nyata Dalam Pelayanan Kesehatan

KOTA KAMPUS (LIGO) – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Fakultas Ekonomi Bisnis UNG menyelenggarakan Dialog Akhir Tahun dengan menghadirkan dua pemateri besar Dr. Fikri Suadu, M.Psi. dan Prof. Dr. Yulianto Kadji, M.Si. di Universitas Negeri Gorontalo, Jumat, 22/12.

Kegiatan yang dilaksanakan di Halaman Parkir Fakultas Ekonomi UNG ini dihadiri oleh KAHMI Lingkungan UNG, Pengurus HMI Cabang Gorontalo, Pimpinan Lintas Gorontalo, Pimpinan Gorontalo Post.

Dalam penyampaiannya Fikri Suadu mengatakan, kebijakan kesehatan yang terjadi saat ini bukan paradigma pelayanan, tapi pada paradigma bisnis.

“Paradigma pelayanan kesehatan itu bukan profit, tapi betul-betul dilandasi untuk melayani aktifitas atau kegiatan yang bertemakan kemanusiaan. Nah, hari ini tidak. Hampir 70% infrastuktur fasilitas pelayanan kesehatan diisi oleh swasta. Ini logikanya Negara vs korporasi, konsumsi atau narasi yang berkaitan dengan pembiayaan kesehatan itu tidak serta merta menjadi konsumsi tenaga kesehatan tapi juga pada teman-teman aktifis” terang Dr. Fikri Suadu

Foto Bersama Narasumber, PB-HMI, KAHMI Gorontalo dan Kader HMI Cabang Gorontalo

Dirinya juga menyampaikan keprihatinannya terhadap pelayanan kesehatan yang tidak adil terhadap masyarakat ekonomi lemah atau kurang mampu. Dia menambahkan Dokter di Rumah sakit swasta itu agen korporasi artinya mereka bekerja untuk mencari akumulasi profit setinggi-tingginya dibandingkan dengan Rumah Sakit negara yang bisa dipercayai ada nilai sentimen untuk melayani masyarakat.

 “Infrastruktur Rumah Sakit kita sudah mencapai sekitar 5000. Hampir 70% swasta, 30% Negara. Sudah 30% tapi toilet Rumah Sakit saja yang dipakai orang sehat menjadi sakit, baunya tidak sedap padahal pembiayaan tiap tahun tinggi, alat kesehatan sudah 3 dimensi sudah memadai tapi kenapa kondisinya begini? Tenaga kesehatan pun sudah tidak ramah, ditanya sedikit malah balik marah” tambahnya.

Kegiatan ini dihadiri ratusan kader Hmi. Bahkan kegiatan yang digagas oleh Komisariat FEB UNG mendapat apresiasi yang luar biasa dari semua pihak.

Laporan: Diana Brista
Editor: Arlan

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini