oleh

Menuju Kota Layak Anak, Ini Langkah Dinas Sosial Kota Gorontalo

LINTAS GORONTALO (LIGO) – Untuk mensukseskan Program Kota Layak Anak, Kepala Dinas Sosial Dan Pemberdayaan Kota Gorontalo Nixon Rahman mengungkapkan bahwa pihaknya akan melakukan penanganan terhadap anak-anak ataupun orang dewasa yang berprofesi sebagai gepeng. Sebagai Kota yang menuju Kota Layak Anak, Kota Gorontalo harus ada Rumah Ramah Anak.

“Jadi Kota Layak Anak ini Perdanya sementara dibahas di DPRD, ini merupakan Perda Usul Inisisatif Legislatif. Berbicara mengenai hak-hak anak, ini berhubungan dengan tupoksi Dinas Sosial yang pertama yakni mengatasi gelandangan, pengemis khususnya anak-anak yang ada selalu melakukan minta-minta. Dan memang waktu pembahasan itu, saya sempat disoroti tentang bagaimana komitmen Pemkot dalam mengatasi persoalan gelandang dan pengemis,”ungkap Nixon Rahman saat di temui Lintasgorontalo.com di ruang kerjanya. Selasa (12/3).

Selain itu, Nixon menambahkan, karena Pemerintah Kota Gorontalo sudah menyatakan Kota Layak Anak, maka harus ada adopsi anak. Hal ini dikarenakan ada beberapa anak yang hidup dengan orang tua kandung namun berlum mendapatkan hak-hak yang harus dilindungi.

“Kota Gorontalo nantinya karena sudah menyatakan sebagai Kota Layak Anak, ketika ada hal-hal yang berhubungan mengenai permasalahan anak, maka mereka (anak) itu harus di adopsi dan tinggal di Rumah Ramah Anak”tegas Nixon.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Gorontalo Irhamna Dumbi mengharapkan adanya kerja sama dari semua Stakholder dan Dinas terkait untuk membangun komitmen yang tinggi agar dapat tercapainya Kota Layak Anak ini.

“Semoga jika kita punya komitmen yang tinggi saya harapkan semua yang terkait bisa sama-sama mensukseskan Kota Layak Anak. Kita tidak bisa bekerja sendirian karena kita butuh dukungan semua elemen.”tukas Irhamna.

Dan untuk mewujudkan itu harus dari bawah, dari Keluarga Ramah Anak, Kelurahan Layak Anak, Kecamatan Layak Anak, Kota Layak Anak, Provinsi Layak Anak, Indonesia Layak Anak sehingga terwujud Idola Indonesia Layak Anak,”tuturnya.

Laporan : Mirnawaty Ahaya
Editor : Bayu Supratna

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini