oleh

Meriah..!! Tradisi Gorontalo Warnai LATSARNAS V

LINTAS KOMUNITAS (LIGO) – Tradisi Gorontalo mewarnai pembukaan Latihan SAR Nasional V. Dimana peserta dari luar Gorontalo dan para tamu undangan dipercikan air yang bertabur macam-macam bunga. Hal ini adalah Bungale Li Mbui Nani Warta Bone tradisi Gorontalo yang di lakukan dengan cara menyiramkan atau memercikan kepada para tamu dengan air yang sudah di adat. Air yang telah di adat dipercaya dapat membawa keberkahan bagi yang di sirami atau di percikan air tersebut.

Selain Bungale Li Mbui Nani Wartabobe, pembukaan juga diwarnai dengan berbagai macam tarian dan aktraksi, baik dri Pramuka UNG maupun Basarnas Gorontalo.

Kegiatan yang diikuti 18 Universitas Se-Indonesia ini, bertempat di Universitas Negri Gorontalo sebagai tuan rumah, dan dibuka secara langsung Rektor UNG yang diwakili Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. Pence M. Wantu SH, MH, Jumat pagi (06/07/2018).

Pada pembukaan itu, WR III Fence M. Wantu menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam menyiapkan segala sesuatu untuk pelatihan SAR nasional ke-V.

“Ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah berkonstribusi pada kegiatan ini. Semoga apa yang kita dapati pada hari ini akan menjadi modal besar untuk kita sendiri, apa lagi di Gorontalo saat-saat ini sudah mulai musim hujan, sehingga ada beberapa titik yang musti diwaspadai. Oleh karena itu, dari sinilah ketika terjadi hal-hal yang tidak di inginkan seperti banjir, adik-adik mahasiswa sudah mempunyai modal untuk menyalamatkan diri atau orang lain,” ungkap Fence.

Fence pun berharap, segala aktivitas dan ilmu yang didapatkan melalui Latsarnas dapat di implementasikan di lingkungan masyarakat, tidak hanya dilingkungan kampus.

Pembukaan Latsarnas V di Provinsi Gorontalo di tandai dengan pemukulan alat musik tradisional polo-palo.

Upacara Pembukaan Latsarnas Ke-V, Di UNG, Jum’at (06/07/2018)

Pembukaan Latsarnas turut dihadiri Wakil Rektor I Prof. Dr. Ir. Mahaludin H. Baruadi M.Pd, Kepala Basarnas Provinsi Gorontalo Muslimin S.sos dan Dr. Mohammad Dimyati Direktur Kemenristekdikti (Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi) Republik Indonesia.

Laporan : Moh. Efendi Hasan
Editor : Syahrir S.

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini