oleh

Mimpi Rachmad Gobel Untuk Gorontalo

LINTAS EKONOMI (LIGO) – Pidato Ilmiah pada Paripurna Milad ke-16 Kabupaten Bone Bolango, Senin (28/01), Rachmad Gobel yang merupakan Utusan Khusus Republik Indonesia untuk Kekaisaran Jepang di Bidang Ekonomi, pukau Kepala-Kepala Daerah se-Gorontalo dan Anggota Legislatif Bone Bolango dengan gagasannya menjadikan Gorontalo sebagai Lumbung Pangan di Indonesia Timur.

Melihat potensi alam Gorontalo, Rachmad Gobel optimis kedepan Provinsi Gorontalo akan menjadi Daerah Agrobisnis. Dan lebih lagi, Gorontalo akan menjadi Lumbung Pangan bagi Indonesia Timur.

Dengan persaingan Global yang sangat ketat,  Rachmad Gobel ingatkan agar Kepala-Kepala Daerah bersiap diri. Menurutnya menghadapi persaingan ini, Pemerintah harus mendorong ekonomi dan menyiapkan Skill-Skill SDM Masyarakatnya. Dirinya juga menyinggung kebiasaan Orang-Orang yang menjadikan waktu siang untuk tidur atau beristirahat. Menurutnya, sudah bukan zamannya lagi untuk Tidur Siang.

“Bagaimana ekonomi Gorontalo Kita dorong, dan kita siapkan Skill, keahlian SDM-nya, dan keterampilan Masyarakatnya,” kata Rachmad Gobel.

“Saya di Gorontalo rasanya selalu ingin istirahat dirumah Saya, ingin Tidur Siang. Sementara kalau Kita lihat kedepan Tidur Siang sudah bukan zamannya lagi. Seharusnya Kita bekerja dari jam 5 Subuh sampai menjelang Waktu Maghrib, agar Kita menyiapkan diri menghadapi Persaingan Global ini,” ungkap Rachmad Gobel, berikan motivasi.

Dirinya juga bercerita tentang tugasnya sebagai Perwakilan Republik Indonesia bagi Kekaisaran Jepang di Bidang Ekonomi yang banyak menceritakan tentang Gorontalo. Ia mengatakan kepada ke Kaisaran Jepang tentang keinginannya menjadikan Gorontalo sebagai Daerah Agrobisnis di Indonesia dan menjadikan Gorontalo sebagai Lumbung Pangan di Indonesia Timur. Kenapa dirinya memilih Gorontalo ? karena Gorontalo merupakan Daerah asalnya, disisi lain Indonesia Bagian Timur memiliki potensi alam yang berbeda dengan yang ada di Pulau Jawa.

“Ketika Saya menceritakan mimpi Saya untuk Kampung Halaman Saya, Saya ingin Gorontalo sebagi Lumbung Pangan. Dan besok Saya akan kembali ke Jepang dan bertemu Beliau-Beliau (Kerajaan jepang). Kenapa ? karena Mereka sudah menanyakan, apa yang Kita bisa bantu untuk Kampung Gobel (Gorontalo) di Indonesia,” ungkap Rachmad sampaikan mimpinya untuk Gorontalo.

Pada kesempatan itu, Rachmad Gobel memuji Bupati Nelson Pomalingo dan Bupati Hamim Pou yang bergerak cepat merespon mimpinya membangun Gorontalo itu.

“Kedepan Kita tidak lagi bicara soal Pertanian atau Perkebunan, tetapi Kita sudah memikirkan Gorontalo sebagai Lumbung Pangan,” tegas Rachmad Gobel.

Laporan: Najid Lasale
Editor: Syahrir

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini