oleh

Mulai Di Uji Coba, Arung Jeram Papualangi Akan Dikelola Bumdes

LINTAS WISATA (LIGO) – Terletak di Desa Papualangi, Kecamatan Tolinggula, Kabupaten Gorontalo Utara, Arung Jeram yang berada di kawasan hutan Papualangi memiliki potensi wisata luar biasa. Saat ini tempat tersebut mulai dimaksimalkan Pemerintah Desa Papualangi bersama masyarakat dan sementara dirancang untuk menjadi sebagai lokasi wisata alam.

Aliran sungai serta arus yang begitu menantang, ditambah bebatuan besar ditengah sungai menjadi salah satu tantangan keseruan arung jeram di Desa Papualangi.

Kepala Desa Papualangi Umar Otuhu kepala Lintasgorontalo.com mengatakan, Pemerintah Desa beraama masyarakat telah melakukan uji coba di lokasi arung jeram walaupun hanya dengan alat seadanya, seperti Ban dalam mobil bekas. Alhasil uji coba tersebut makin mendorongnya yang didukung juga masyarakat untuk mempercepat membuka akses wisata arung jeram di Desa Papualangi.

“Kami sudah lakukan uji coba arung jeram walau pakai benan atau ban dalam, namun kami sangat menikmati keseruannya. Sangat luar biasa,”  ungkap Umar Otuhu, Selasa (03/07/2018).

“Tapi benen atau ban bekas yang kami pakai itu, sudah di modifikasi dan aman untuk dipakai saat melakukan arung jeram,” tambah Umar.

Potensi wisata arung jeram yang baru disadari ini, dapat membuat masyarakat untuk tertantang mencobanya. Apalagi dengan rute yang panjang dan dibagi menjadi beberapa kelas.

“Rutenya sangat panjang, terbagi 4 kelas. Kelas sangat ekstrim, sulit, sedang dan khusus pemula,” tuturnya.

Namun Umar Otuhu mengakui, untuk mengembangkan wisata arung jeram membutuhkan anggaran yang sangat besar. Sehingga kedepan, wisata arung jeram Desa Papualangi akan dikelolah oleh Badan Usaha Mikik Desa (BUMDES)

Keberadaan arung jeram yang mempunyai potensi wisata alam ini, diakui Camat Tolinggula Rizal Yusuf Kune. Rizal yang di wawancarai lintasgorontalo.com via pesan singkat Whatsapp mengharapkan wisata alam arung jeram di Desa Papualangi dapat mendorong ekonomi masyarakat Desa Papualangi.

“Saya memberi apresiasi bahwa di Gorontalo Utara khusus Kecamatan Tolinggula mempunyai potensi alam sebagai lokasi arung jeram .Tentunya ini jadi lokasi wisata yang mendatangkan banyak orang, sehingga ini akan meningkatkan ekonomi Desa. Ini perlu motivasi Pemerintah dan pihak swasta untuk mengarahkan masyarakat Tolinggula menyedikan kebutuhan para turis mancanegara maupun lokal, terutama jual makanan, menyediakan jasa transport, jasa penginapan atau seperti home stay,” ucap Rizal Camat Tolinggula.

Laporan : Najid Lasale
Editor : Bayu Supratna

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini