oleh

Nelayan Senang, Dirjen Perikanan Tangkap Bagikan Bantuan

BONE BOLANGO (LIGO) – Dalam upaya penyelenggaraan kedaulatan, keberlanjutan dan kesejahteraan masyarakat dan laut NKRI, Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Dirjen Perikanan Ir. R. Sjarief Widjaja, Ph.D., Frina. Memberikan bantuan kepada masing-masing daerah se-Provinsi Gorontalo,  Jum’at (19/01) saat kunjungan kerja di Kab. Bone Bolango, Kec. Kabila Bone Desa Huango Botu.

Dalam Kunjungan Kerja tersebut Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Dirjen Perikanan berikan bantuan Alat Penangkapan Ikan (API) Ramah Lingkungan tahun 2017. Terdiri dari 21 Paket API sudah diserahkan, dan tambahan saat ini 30 paket API jenis Rawai. Bantuan Kapal tahun 2017 sebanyak 34 terdiri dari 16 unit 5 GT,11 unit 10 GT, 5 unit 20 GT dan 2 unit 30 GT. Penyerahan bantuan permodalan nelayan, Bantuan Premi Asuransi Nelayan (BPAN), Bantuan Ice Flake Machine (IFM 1.5 Ton), Bantuan sarana kendaraan berpendingin roda 6. Semua bantuan tersebut diberikan kepada nelayan masing-masing daerah se Provinsi Gorontalo.

Dirjen Perikanan Tangkap menuturkan hal ini merupakan bentuk keberpihakan Pemerintah kepada nelayan. ”tahun lalu kita sudah mengesahkan UU No 7 Tahun 2016, yaitu tentang Perlindungan Nelayan, yang merupakan hasil dari DPR RI Komisi IV. Kalau ada yang meninggal saat melaut klaim 200 juta, meninggal di darat 160 juta, kalau cacat 100 juta, sakit rawat jalan 20 juta. Semuanya produk Komisi IV, yang di dalamnya ada bapak Roem Kono,” jelas Dirjen Perikanan dan Kelautan.

Suleman, Nelayan Penerima Bantuan

Sementara itu salah seorang penerima asuransi nelayan Suleman, nelayan dari desa Huangobotu Kec. Kabila Bone Bolango menyampaikan rasa terima kasihnya atas asuransi dirinya sebagai nelayan. Meskipun setiap melaut dirinya akui hasil yang didapatkan tidak menentu, terkadang yang ia dapatkan hanya 100-500 kg ikan, dengan menggunakan kapal besar bersama teman-temannya. Menjadi nelayan sudah menjadi pekerjaan untuk menghidupi 3 orang anaknya.

“Saya cuma bisa terima kasih kepada Pemerintah, sama pak Rusli juga terima kasih, sama pak Hamim Pou juga terima kasih,”ucap Suleman.

Dengan asuransi ini dirinya jelaskan tak takut untuk meninggalkan keluarga bila sewaktu-waktu sesuatu yang tidak diinginkan terjadi padanya. Dan ia berharap Pemerintah bisa memberikan bantuan lagi kepada para nelayan untuk menunjang penghasilan.

Laporan: Najid Lasale

Editor: Arlan

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini