oleh

Nelson Pomalingo: 3 Hal Agar Boliyohuto Jadi DOB

LINTAS KABGOR (LIGO) – Cita-cita untuk membentuk Daerah Otonom Baru (DOB) Boliyohuto Cs, menurut Bupati Nelson Pomalingo bukanlah hal yang sulit. Sebab dari segi ekonomi, perkembangan ekonomi di Boliyohuto sudah sangat maju. Bahkan di Kabupaten Gorontalo menurutnya hanya ada dua wilayah Kecamatan yang perekonomiannya maju, yakni Kecamatan Telaga dan Kecamatan Boliyohuto.

Hal ini disampaikan Bupati Nelson saat membuka kegiatan Pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) bagi Anggota Koperasi Serba Usaha (KSU) Mekar Indonesia Tahun Buku 2018 dirangkaikan dengan Pasar Murah di Desa Suka Makmur Kecamatan Tolangohula, Minggu (27/01/19).

Menurut Nelson Pomalingo, ada Tiga Hal yang perlu dilakukan agar pembentukan DOB Boliyohuto Cs terwujud yakni, menumbuhkan Ekonomi, Pendidikan dan Infrastruktur.

“Bagaimana Kita membangun satu Kabupaten kalau ekonominya tidak berkembang ? Akhirnya apa, Rakyat yang bisa di peras. Kita tidak mau seperti itu. Akhirnya tonggak ekonomi melalui Koperasi, Petani dan Pedagang itu yang terus kita dorong,” tegas Nelson.

Selain itu untuk mendorong ekonomi di Boliyohuto Cs kata Nelson dengan membangun Pelabuhan Bilato. Pelabuhan ini nantinya akan menjadi Pelabuhan terbesar di Bagian Selatan.

“Dengan adanya Pelabuhan Bilato, nantinya di Provinsi Gorontalo akan punya Dua Pelabuhan. Di Bagian Utara ada Pelabuhan Anggrek dan di Bagian Selatan ada Pelabuhan Bilato yang nantinya akan membawa dampak ekonomi bagi Provinsi Gorontalo,” ucap Nelson.

Sementara di Bidang Pendidikan, Pemerintah Kabupaten Gorontalo menyiapkan Bus Sekolah bagi Siswa yang memudahkan Mereka untuk mengenyam Pendidikan. Dimana pada tahun 2018 kemarin, 2 Unit Bus disediakan bagi Siswa, yang kini mulai dirasakan manfaatnya.

Selanjutnya di Bidang Infrastruktur, berbagai pembangunan Fasilitas Pelayanan Masyarakat telah di bangun di Boliyohuto. Salah satunya yang saat ini sementara terus di dorong ialah pembangunan Rumah Sakit Boliyohuto. Rumah Sakit ini nantinya akan dilengkapi dengan fasilitas lift.

“Satu-satunya Rumah Sakit yang punya Lift akan hadir di Boliyohuto. Jadi yang sakit dan mau ke lantai dua bisa langsung menggunakan Lift. InsyaAllah tahun ini selesai Tahap Pertama dan tahun ini juga Kita akan mulai Tahap Dua, mudah-mudahan akhir bulan Nopember 2019 Hari Ulang Tahun Kabupaten Gorontalo, Kita akan resmikan, sehingga orang Boliyohuto percaya diri jadi satu daerah Kabupaten,” jelas Nelson Pomalingo.

Laporan: Najid Lasale
Editor: Syahrir

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini