oleh

Nelson Pomalingo: Gebyar Ketupat Jadi Ajang Silaturahim

LINTAS LIMBOTO (LIGO) – Gebyar Ketupat di Provinsi Gorontalo, Kampung Jawa di Desa Yosonegero, Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo selalu menjadi tujuan utama Pengunjung untuk menikmati Ketupat dan menjalin Silaturahim sesama warga. Hal ini juga di tunjukkan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo yang merayakan Lebaran Ketupat dengan Warga Jawa Tondano (Jaton). Rabu (12/06)

“Alhamdulillah, syukuran Ketupat berlangsung terus-menerus di Gorontalo. Budaya ini adalah Budaya Jawa Tondano,“ ungkap Bupati Nelson didampingi Sekda Ir. Hadijah U Tayeb, Ketua PKK Dr. Fory Naway, Asisten, Staf Ahli Bupati serta Pimpinan OPD.

Bagi Nelson Gebyar Ketupat ini tidak sekedar Syukuran, tidak sekedar terkait Agama, tapi  juga menjadi ajang Silaturahim tidak hanya sesama Warga Jaton tapi juga menjadi ajang Silaturahim Suku Jaton dengan Warga lainnya.

“Sehingga Tradisi ini terjadi Pembaharuan, dimana Perayaan ini sudah di adopsi oleh seluruh rakyat Gorontalo. Buktinya pemerintah Provinsi Gorontalo (Pak Rusli Habibie- Red) merayakan di Atinggola. Ini menunjukan hal yang baik sudah dilestarikan di Gorontalo, “ ungkap Nelson.

Seperti tahun-tahun sebelumnya Semarak Ketupat di Kabupaten Gorontalo selalu dimeriahkan kegiatan Pacuan Kuda, Karapan Sapi dan sebagainya.

“Ini menunjukkan, bahwa ini bukan Seremoni untuk budaya tapi juga menjadi Destinasi Wisata,“ tandas Nelson.

Laporan: Najid Lasale
Editor: Syahrir

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini