oleh

Nelson Pomalingo : Koperasi Sejalan Dengan Falsafah Gotong Royong

LINTAS EKONOMI (LIGO) – Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) Ke-72 bakal menjadi awal kebangkitan Perkoperasian, tidak hanya di Kabupaten Gorontalo tetapi juga di tingkat Nasional.

Koperasi memiliki peranan penting dalam peningkatan Ekonomi dan pemenuhan Kebutuhan Anggota yang umumnya merupakan masyarakat. Karena itulah Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo saat menghadiri kegiatan Hari Koperasi Nasional ke-72 tingkat Kabupaten Gorontalo tahun 2019 di Aula SPN Polda Gorontalo, Rabu kemarin menyampaikan akan mendorong peningkatan peran Koperasi di Kabupaten Gorontalo.

Bagi Nelson, peran Koperasi seiring sejalan dengan Falsafah Gotong Royong yang telah menjadi kebiasaan di masyarakat. Gotong Royong inilah yang menurutnya perlu terus di dorong termasuk dalam bidang Ekonomi.

Lanjut Nelson menerangkan, hari ini terjadi perkembangan ekonomi di tingkat Nasional.

“Bayangkan saja Produk Domestik Bruto (PDB), tadinya 1,7 sekarang naik 5 persen lebih,” kata Nelson.

Namun kenaikan itu menurutnya belum terlalu besar memberikan kontribusi. Oleh karena itu, dirinya akan terus mendorong Koperasi agar dikembangkan.

“Termasuk  di Provinsi Gorontalo khususnya Persatuan Koperasi Pegawai Negeri yang hari ini terus berkembang,” kata Nelson.

“Kita sudah mendapatkan Dana dari Bank Ekonomi yakni 24 Milyar Rupiah selama satu tahun ini. Saya berharap tahun ini hingga tahun kedepan kalau dapat naik 100 Milyar Rupiah, ” tambahnya.

Kegiatan Hari Koperasi Nasional ke-72 tingkat Kabupaten Gorontalo tahun 2019 di Aula SPN Polda Gorontalo

Sementara Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Gorontalo Drs. Ayuba Hida mengatakan, Dalam rangka kegiatan Harkopnas ke-72 tahun 2019 Dinas Koperasi melaksanakan berbagai kegiatan yang melibatkan Siswa, dengan tujuan agar para Peserta Didik/Siswa sejak dini dapat memahami peran penting Koperasi.

“Diantaranya, Pencanangan Hari Koperasi, Lomba Cerdas Cermat, Bhakti Sosial serta Penilaian Koperasi Berprestasi, adapula Penyerahan Beasiswa, Pelaksanaan Bazar oleh Koperasi Konsumen Sari Manis Tolangohula, Jalan Sehat,” kata Ayuba.

Ayuba menambahkan tujuan lain dari kegiatan ini untuk membangkitkan partisipasi masyarakat menuju kemandirian Koperasi dan UKM dan mewujudkan Sikroninasi pembangunan Koperasi dan UKM di Kabupaten Gorontalo. (B01)

Editor: Syahrir

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini