oleh

Nelson Sampaikan Harapan Petani Kelapa Di Indonesia Kepada Presiden

LINTAS EKONOMI (LIGO) – Harapan Petani Kelapa di seluruh wilayah Indonesia agar Pemerintah Pusat memperhatikan nasibnya yang makin terpojok akibat Harga Kelapa yang tiap tahun makin merosot, nampaknya bakal segera menemui solusi.

Pasalnya setelah lakukan Focus Group Discussion antara Koalisi Pemerintah Kabupaten Penghasil Kelapa (KOPEK) beberapa waktu lalu, Ketua Kopek Prof. Nelson Pomalingo yang juga merupakan Bupati Kabupaten Gorontalo itu berjanji akan menemui Pemerintah Pusat menyampaikan hasil-hasil diskusi.

Dalam diskusinya itu, Anggota Kopek mengusulkan agar Harga Kelapa di setiap daerah di stabilkan, mengingat banyak Petani Kelapa yang menyampaikan kegalauannya akibat harga ini, namun belum juga mendapat respon dari Pemerintah Pusat.

Melalui Kepala Staf Presiden Moeldoko yang juga Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jum’at (02/08) kemarin, Prof. Nelson menemuinya dan menyampaikan harapan Petani Kelapa di seluruh Indonesia.

Nelson menyampaikan sebagai Negara Agraris, Indonesia kaya akan berbagai Komoditas Pertanian yang memiliki potensi besar, salah satunya adalah Kelapa yang dapat menghasilkan berbagai produk turunan seperti Gula Kelapa dan Aren.

“Dengan potensi ini akan sangat disayangkan bila Petani Kelapa kita di Indonesia justru merasa tidak sejahtera akibat harga yang makin merosot,” kata Nelson saat menemui Moeldoko.

Prof. Nelson sampaikan keluhan Petani Kelapa Indonesia kepada Presiden melalui Kepala Staf Presiden, Moeldoko

Lanjut Nelson menjelaskan seharusnya Produktivitas Komoditas (Kelapa) tersebut terus ditingkatkan melalui Kemitraan berbagai Organisasi dan Perusahaan yang memiliki komitmen terhadap pertumbuhan berkelanjutan, Sehingga dengan Kemitraan ini merupakan salah satu solusi untuk menaikan Harga Kelapa di Indonesia.

“Solusi ini telah Kita telah bahas lewat Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka mencari solusi persoalan Harga Kelapa, termasuk kerjasama Unilever Indonesia dengan Pemerintah Kabupaten Gorontalo terkait Investasi Hijau Gula Kelapa dan Aren, hasilnya ini Saya sudah sampaikan kepada Staf Presiden Moeldoko,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama Prof. Nelson juga menyampaikan rencana Festival Kelapa Internasional III di Karangasem Bali.

“Saya ingin pada Festival Kelapa di Karangasem, Bali dihadiri langsung Presiden Jokowi ,” pinta Prof. Nelson kepada Moeldoko. (B01)

Editor: Syahrir

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini