oleh

Nelson Ungkap 3 Aset Kabgor Yang Terus Dikembangkan

LINTAS KABGOR (LIGO) – Untuk membangun Kabupaten Gorontalo, Bupati Nelson Pomalingo menegaskan, ada Tiga Aset yang harus dijaga dan dikembangkan dengan baik yaitu, Anggaran, Sistem dan Sumber Daya Manusia.

Untuk Anggaran/Uang, APBD Kabupaten Gorontalo terus mengalami Kenaikan yang signifikan.

“Alhamdulillah selama Tiga Tahun terakhir ini APBD Kab. Gorontalo terjadi Peningkatan dari Rp. 1,2 Triliun, sekarang menjadi Rp. 1,5 Triliun. Jadi rata-rata hampir Rp. 100 Milyar setiap tahun peningkatannya,” ungkap Bupati Nelson dalam Sambutannya saat membuka kegiatan Pendampingan Penginputan Elektronik Monitoring Evaluasi Pelaporan (e-Monep) program kegiatan APBD Kab.Gorontalo Tahun 2019, di Manado (06/02).

Peningkatan Anggaran tersebut, termasuk Pendapatan Asli Daerah (PAD), yang tadinya Rp. 90 Milyar sekarang sudah hampir Rp. 200 Milyar.

Peningkatan ini telah menunjukkan bahwa Barang dan Dana di Kabupaten Gorontalo terus berkembang. Termasuk Investasi di Daerah Tahun 2016 Rp. 150  Milyar, Tahun 2017  Rp. 1,5 Triliun dan tahun 2018 Rp. 1.8 Triliun.

“Ini berarti sesuatu Aset Daerah yang perlu dicatat dan dijaga dengan baik,” kata Nelson Pomalingo menguraikan peningkatan Anggaran selama 3 Tahun terakhir kepemerintahannya.

Sementara, Aset Kedua yang perlu dijaga adalah Sistem. Salah satu Sistem ini adalah e-Monep yang perlu ditularkan.

“Jadi, Sistem ini banyak termasuk Tahun ini Kita mendapat Bantuan dari Newzealand kaitannya Government Digital. Nanti ke depan akan banyak Digital seperti e-Monep yang Kita buat,” ucap Nelson.

Dengan Sistem e-Monep ini, Nelson Pomalingo berharap Aparatnya dapat bekerja secara terukur, bekerja sistematis dan bekerja efektif, efesien dan lebih cepat.

“Pengalaman Tahun lalu, ada yang sudah selesai tapi tidak dimasukkan, baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten, maka inilah guna Kita menerapkan Sistem dengan benar,” terang Nelson.

Nelson saat memberikan motivasi ASN-nya yang mengikuti Pelatihan e-Monep di Manado

Nelson memotivasi Aparatnya dan mengatakan bahwa Negara yang maju itu bukan karena Sumber Daya Alamnya, bukan karena Sumber Daya Manusianya tetapi yang cepat bekerja.

Cepat Dia Melangkah, Cepat Melaporkan dan kecepatan ini yang harus dijawab oleh Sistem di Era Digital saat ini,” ujarnya.

Selain 2 Aset tersebut, SDM adalah Aset yang sangat penting untuk mendorong Pembangunan. Bila dibandingkan dengan Daerah lain, Nelson memuji ASN-nya yang dinilai memiliki SDM yang lebih kuat.

“Dari Sistem jumlah, dari sisi Pendidikan, Kompetensi dan Saya yakin Sistem SDM di Kabupaten Gorontalo lebih kuat,” puji Nelson.

Masalah SDM kata Nelson tidak cukup. Karena problemnya justru pada Karakter, apakah ASN bekerja Ikhlas, Bekerja dengan Kecerdasan dan Bekerja Tuntas.

“Maka dengan berbagai Aset Daerah yang sudah ada saat ini mari Kita jaga secara bersama,” ajak Nelson.

Laporan: Najid Lasale
Editor: Syahrir

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini