oleh

Optimalkan Pemanfaatan Data Kependudukan, Disdukcapil Bonebol Gencar Lakukan Sosialisasi

LINTAS BONEBOL (LIGO) – Pemerintah Kabupaten Bone Bolango tekankan OPD, Camat dan Puskesmas untuk memanfaatkan data kependudukan secara optimal. Hal ini ditekankan dalam Sosialisasi Pemanfaatan Data Kependudukan yang dilaksanakan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) di Aula Kantor Desa Boludawa Kecamatan Suwawa, Selasa (30/10).

Bupati Hamim Pou melalui Staf Ahli Bupati dalam sambutannya mengatakan, lewat kegiatan Sosialisasi ini diharapkan pemanfaatan data kependudukan harus bisa dilaksanakan secara optimal oleh OPD, Kecamatan dan Puskesmas yang ada di Kabupaten Bonebol.

“Setidaknya lewat sosialisasi ini, OPD, Camat dan Kepala Puskesmas bisa mengerti cara untuk mengakses data kependudukan Kementerian Dalam Negeri,” kata Musa Jassin.

Musa Jassin menuturkan pemanfaatan data kependudukan ini tentunya dilakukan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

.“Intinya sosialisasi ini memberikan informasi kepada OPD, para Camat dan Kepala Puskemas selaku lembaga pengguna data tentang mekanisme pemanfaatan data kependudukan. Hal ini sangat penting agar terjadi kesamaan persepsi tentang data kependudukan,” tuturnya.

Apalagi pemanfaatan data kependudukan ini lanjut Musa, saat ini sangat dibutuhkan, terutama menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden dan Wakil Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota pada tahun 2019 mendatang.

Sosialisasi pemanfaatan data kependudukan yang dibuka secara resmi Staf Ahli Bupati Bidang Penanggulangan Kemiskinan dan Infastruktur Musa Jassin, di Aula Kantor Desa Boludawa Kecamatan Suwawa, Selasa (30/10). (F.AKP)

Kepala Disdukcapil Bonebol Oktavianus SW. Rahman melalui Kabid Pemanfaatan Data Yeni Nalole menjelaskan, kegiatan sosialisasi itu bertujuan untuk memberikan pemahaman yang baik dalam penggunaan data kependudukan untuk semua keperluan, serta meningkatkan koordinasi pemanfaatan data kependudukan. Dalam hal ini antara OPD selaku pengguna data kependudukan dan Disdukcapil selaku penyedia data kependudukan.

”Tujuan lainnya, yakni menyebarluaskan informasi tentang tata cara pemanfaatan data kependudukan kepada instansi dan lembaga yang membutuhkan data kependudukan untuk mendukung tugas dan fungsi dalam menyelenggarakan pemerintahan dan pelayanan publik,” ulas Yeni Nalole.

Laporan: Hms/Kdr/Mirna Ahaya
Editor: Gilang Ramadhan

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini