oleh

Pembekalan Literasi Dan Pembentukan Tim Tenaga Literasi Oleh Kantor Bahasa Gorontalo

LINTAS PENDIDIKAN (LIGO) – Kantor Bahasa Gorontalo mengadakan kegiatan pembekalan tenaga literasi se-Provinsi Gorontalo di Amaris Hotel Kota Gorontalo, Kamis (02/07/2018).

Sukardi Gau selaku Kepala Kantor Bahasa Gorontalo menjelaskan bahwa kegiatan pembekalan kepada pegiat literasi yang berlangsung selama 2 (dua) hari ini merupakan kegiatan yang difokuskan pada literasi membaca, menulis kepada anak-anak, sebab banyak persoalan literasi yang terjadi dilapangan. Sukardi mengatakan kegiatan tersebut nantinya bukan hanya literasi pada kemampuan membaca tetapi juga bisa diiringi dengan kempampuan menulis.

“Kegiatannya semacam pelatihan tenaga literasi. Ini semata-mata untuk kegiatan pengayaan bagi pegiat literasi, sebab kita tahu bahwa banyak persoalan dilapangan. Bukan sekedar membaca buku tetapi kita harapkan ada kegiatan lain misalnya menulis,” terang Sukardi kepada lintasgorontalo.com.

Lanjutnya bahwa serangkaian dengan pelatihan yang focus pada pembelajaran membaca dan menulis, Kantor Bahasa Gorontalo akan mengumpulkan fasilitator pegiat literasi. Kemudian fasilitator diberikan pembekalan bagaimana untuk menjelaskan dan memahami teks dan pokok-pokok pikiran dalam teks.

“Kita mulai dari fasilitatornya dulu. Pegiat-pegiatnya sebelum melangkah ke masyarakat. Contohnyan yaitu para pembaca, datang ke perpustakaan itu akan dilatih bagaimana cara membaca yang baik, bagaimana cara menangkap, memahami sebuah teks. Sehinga kegiatan literasi membaca dan menulis bisa berjalan dengan baik,” ungkap Sukardi.

Selanjutnya pembekalan dan diskusi ini, diharapkan bisa menemukan formula bagaimana menjalankan gerakan literasi di Gorontalo.

“Kegiatan ini kita sebetulnya untuk mengumpulkan komunitas literasi berkumpul dan berdialog, kemudian kita akan mencari formula kira-kira kegiatan literasi ini seperti apa yang lebih cocok kita lakukan di Gorontalo” kata Sukardi.

Kegiatan pembekalan dihadiri guru SD, SMP, SMA dan SMK. Kemudian Komunitas Pecinta Buku dan Film (Kosbufi) Gorontalo, Forum Lingkar Pena (FLP), Ikatan Anak Muda Pejuang Literasi Gorontalo (I AM PLG), Komunitas Untuk Bumi (KUBU), Jendela Dunia, Jendela Kata, Taman Baca Koramil Gorontalo, Pojok Baca, LPKA (Lembaga Pemasyarakatan Untuk Anak) Gorontalo, UKM Literasi Gorontalo, Komunitas Selaras, Pustaka Lipu’u Gorontalo, Komunitas Sharing Friday, Perpus Taman dan Duta Bahasa Provinsi Gorontalo.

Laporan : Iyas
Editor : Bayu Supratna

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini